Southampton, Inggris (ANTARA News) – Manchester City berhasil melibas habis Southampton dengan skor akhir 3-0 dalam laga lanjutan Liga Utama Inggris di Stadion Saint Mary, Southampton, Minggu.
Kemenangan tersebut diraih City hanya dengan 10 pemain, setelah bek tengah asal Eliaquim Mangala menerima kartu kuning kedua pada menit 74, setelah sebelumnya Yaya Toure membawa City unggul lebih dulu berkat golnya pada menit 51.
Setelah bermain dengan 10 orang pemain saja, Frank Lampard dan Gael Clichy justru mencetak gol yang memperbesar keunggulan City pada menit 80 dan 88.
Berkat kemenangan tersebut, City menggusur Southampton dari peringkat kedua klasemen sementara dengan mengoleksi 27 poin.
Hasil itu juga membuat catatan tak terkalahkan Southampton terhenti pada laga kesembilan, setelah di delapan laga sebelumnya mengemas enam kemenangan dan dua kali imbang.
Sejak awal laga City menguasai jalannya pertandingan meski tendangan jarak jauh Toure masih yang melengkung namun masih bisa diantisipasi penjaga gawang Fraser Forster pada ment 16.
Southampton tidak tinggal diam, pada menit 21 mereka memaksa penjaga gawang City, Joe Hart, berjibaku menyelamatkan gawangnya saat menghalau tendangan Morgan Schneiderlin serta melakukan penyelamatan satu tangan dari sontekan Steven Davis yang menyambar bola muntah. Sayang bola muntah terakhir tak terjangkau Dusan Tadic dan peluang Southampton hilang begitu saja.
City kembali keluar dari tekanan sejenak tersebut, puncaknya pada menit 31 mereka memaksa Davis melakukan sapuan di garis gawang menyambut tendangan kesempatan pertama Stevan Jovetic.
Serangan demi serangan terus dilancarkan City, namun tidak ada satu golpun tercipta hingga waktu turun minum.
Memasuki babak kedua, pelatih Southampton Ronald Koeman mencoba mengantisipasi derasnya serangan City dengan mengirimkan satu tambahan pemain di barisan belakang, Maya Yoshida dengan menarik Morgan Schneiderlin dari lini tengah.
Namun, meski menerapkan strategi yang lebih defensif, di awal laga justru Southampton mengancam gawang City lebih dulu lewat aksi menawan Dusan Tadic menggiring bola melewati sejumlah pemain hingga ke dalam kotak penalti, namun penyelesaiannya masih menyamping tipis di luar gawang.
Menit 51 Toure akhirnya memecahkan kebuntuan berkat bantuan Sergio Aguero menarik sejumlah pemain belakang Southampton ke arahnya sekaligus membuka ruang bagi gelandang asal Pantai Gading itu. Bola yang disodorkan Aguero disambar Toure dan masuk ke gawang setelah sempat berubah arah akibat sedikit menyentuh bek Toby Aldeweireld.
Ketinggalan satu gol, Southampton yang berusaha membalas justru harus tertekan lantaran serangan bertubi-tubi dari City, terlebih kekurangan jumlah pemain di lini tengah secara tidak langsung membuat daya serang mereka sedikit menurun.
Menit 69, City seharusnya menggandakan keunggulan sayang sontekan jarak dekat Aguero menyambut bola pantulan dari Vincent Kompany meneruskan sepak pojok James Milner masih tak tentu arah.
Southampton justru mendapatkan hadiah kejutan saat Mangala diusir wasit Mike Jones lantaran melakukan pelanggaran keras terhadap Shane Long, yang baru masuk pada menit 68 menggantikan Sadio Mane.
Pelatih Manuel Pellegrini segera bereaksi atas lubang yang ditinggalkan Mangala di lini belakang City dengan memasukkan Martin Demichelis menggantikan Jesus Navas.
Namun kerugian jumlah pemain tak membuat City gentar, mereka justru kian galak di lini depan dan menggandakan keunggulan lewat Frank Lampard, yang baru masuk pada menit 65 menggantikan Samir Nasri, setelah ia menyambar bola umpan dari Milner pada menit 80.
City belum habis, menit 85 Aguero gagal mengalahkan Forster dalam duel satu lawan satu di depan gawang Southampton.
Gol hiburan hampir dicetak Southampton semenit berselang, sayang Graziano Pelle tidak mampu menjangkau umpan panjang Long.
City benar-benar menyudahi laga bagi Southampton setelah bek kiri Gael Clichy menyambut umpan matang dari Aguero di menit 88, yang juga menjadi gol perdananya di City sejak hijrah dari Arsenal pada 2011 silam.
Kedudukan 3-0 bagi tim tamu bertahan hingga peluit akir pertandingan berbunyi.
Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga itu sebagaimana dilansir UEFA.com.
Southampton (4-2-3-1): Fraser Forster (PG); Nathaniel Clyne, Jose Fonte, Toby Alderweireld, Ryan Bertrand; Victor Wanyama, Morgan Schneiderlin (Maya Yoshida); Dusan Tadic, Steven Davis (Emmanuel Mayuka), Sadio Mane (Shane Long); Graziano Pelle.
Pelatih: Ronald Koeman.
Manchester City (4-4-1-1): Joe Hart (PG); Pablo Zabaleta, Vincent Kompany, Eliaquim Mangala, Gael Clichy; Jesus Navas (Martin Demichelis), Yaya Toure, Fernandinho, Samir Nasri (Frank Lampard); Stevan Jovetic (James Milner); Sergio Aguero.
Pelatih: Manuel Pellegrini.

Penerjemah: Gilang Galiarta

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2014