Equityworld Futures – Pengelola bar dan restoran di Inggris membayar 100 poundsterling atau sekitar Rp1,7 juta per hari supaya makhluk-makhluk virtual Pokemon GO bisa ditemukan di tempat mereka sehingga para pemain gamemendatangi tempat usaha mereka.

Restoran burger di London, Maxwell’s, mengaku pendapatannya naik hingga 26 persen sejak menggunakan umpan Pokemon untuk menarik pembeli.

Restoran itu memperkerjakan seseorang yang pekerjaannya hanya mengeluarkan umpan virtual yang menarik Pokemon di Convent Garden dan bahkan menjual berbagai macam milkshake Pokemon.

Mendaratkan Pokemon telah membawa 2.750 pelanggan baru ke restoran dan memberikan pendapatan ekstra hingga 70.000 poundsterling.

“Luar biasa reaksi orang-orang terhadap game ini,” kata Manajer Pemasaran Maxwell Anthony Knight kepada semua majalah kuliner.

“Saya sedang berjalan melewati Covent Garden minggu lalu dan hanya dalam waktu lima menit melihat setidaknya selusin orang berlarian berusaha menangkap Pokemon.”

“Bekerja di bidang jasa membuat kau harus bereaksi cepat terhadap tren dan mode baru, dan saya merasa ini bisa menjadi keuntungan bagi kami.”

Sementara Oakford Social Club di Reading mengaku pendapatannya naik lima hingga 10 persen dan Fuller’s mengatakan sedang mempertimbangkan untuk membayar “umpan”.

George O’Connor, seorang analisis investasi di bank Panmure Gordon, mengatakan permainan augmented reality memberikan kesempatan untuk “memengaruhi bagaimana kita membelanjakan uang kita”.

“Tentu saja bisnis akan berusaha menjadi sponsor lokasi di dalam game atau menawarkan penghargaan kepada orang yang mereka tarik ke lokasi mereka,” katanya kepada FT.

Pihak lain yang bisa mendapat manfaat dari game itu di antaranya operator telepon.

Sejak diluncurkan di Inggris pada 13 Juli di Inggris, aplikasi game itu telah diunduh 5,1 juta kali. Di seluruh dunia, pengguna game itu sudah mencapai 21 juta, demikian seperti diwartakan laman Daily Mail. – Equity world Futures