Equityworld Futures – Laporan pertumbuhan tenaga kerja yang dirilis oleh Automatic Data Processing, Inc kamis (7/7) menunjukan telah terjadi peningkatan yang cukup signifikan selama bulan Juni. ADP Non Farm Payroll yang membaik justru tidak diikuti oleh penguatan dollar AS malahan greenback terpantau melemah di berbagai major currency seperti yang terlihat pada sesi New York malam ini.

Pertumbuhan tenaga kerja versi ADP pada bulan Juni berhasil naik menjadi sebanyak 172 k, melampaui perolehan 168 k pada periode Mei. Hasil rilis data tenaga kerja ADP juga masih lebih baik atau melewati prediksi ekonom yang di survey Reuters 158 k.

Data ADP Non Payroll cukup penting di mata investor mengingat selalu dirilis sebelum data NFP dari pemerintah AS yang dijadwalkan rilis pada hari jumat besok. Karena fokus pelaku pasar tertuju pada hasil NFP hari jumat sehingga membuat greenback tidak terlalu merespon apik-nya ADP Non Farm Payroll malam ini.

 

Klaim Pengangguran Mingguan AS Menurun

Di waktu yang hampir bersamaan, dirilis juga data klaim pengangguran mingguan AS yang turun ke level terendah sejak pertengahan april lalu. Jumlah orang yang mengajukan Jobless Claims turun sebanyak 16 k menjadi 254 k dan masih lebih baik dibandingkan dengan estimasi ekonom yang memprediksi klaim bisa mencapai 270 k.

Jumlah klaim pengangguran AS bertahan di bawah 300 k dan berada dekat level terendah selama 4 dekade mengindikasikan bahwa ekonomi AS tetap berada di jalur pemulihan pasca krisis ekonomi global 2008 silam.

Saat berita ini diturunkan, Dollar AS terpantau masih berada di fase koreksi terhadap berbagai major currency seperti pair EUR/USD berada di level 1.1089 menjauhi low harian 1.1056. Begitu juga yang terjadi pada pair GBP/USD yang mencoba menguat dan berada di level 1.2995. Secara keseluruhan greenback masih begitu dominan terutama terhadap Sterling dan Euro dan berpotensi kembali menguat bila data NFP jumat besok tumbuh melebihi estimasi 174 k. – Equity world Futures