Paris (ANTARA News) – Aktris Prancis Julie Gayet, Kamis, untuk pertama kalinya, muncul di sebuah acara resmi yang dihadiri oleh Presiden Francois Hollande, di tengah spekulasi bahwa dia secara bertahap sedang diperkenalkan sebagai ibu negara Prancis.

Aktris berusia 43 tahun itu, yang berpakaian serba hitam, hadir dalam upacara untuk memperingati ulang tahun ke-75 dari pidato perang terkenal oleh Jenderal Charles de Gaulle, lapor AFP.

Hollande, 60, berpisah dengan pacar lamanya, Valerie Trierweiler, tahun lalu setelah berita perselingkuhannya dengan Gayet terungkap di media massa.

Tiba sesaat sebelum Hollande pada upacara yang diselenggarakan di Mont Valerien, di tepi barat Paris, itu Gayet terlihat mendorong kursi roda kakeknya Alain Gayet, pahlawan perlawanan Prancis.

Upacara itu diselenggarakan untuk memperingati ulang tahun pidato radio bersejarah De Gaulle dari London pada 18 Juni 1940, yang mendesak warga Prancis untuk melawan kependudukan Jerman.

Didampingi ayahnya Brice, Gayet tinggal di belakang sepanjang waktu saat Hollande berjabat tangan dengan para mantan pejuang.

Presiden bersikeras itu adalah kebetulan bahwa Gayet hadir pada acara tersebut.

“Tidak ada strategi dari pihak kami,” kata penasehat Hollande. Ia mengatakan aktris itu menghadiri upacara tersebut dalam kapasitasnya sebagai cucu dari pejuang perang,

Penampilan kejutan itu muncul bersamaan dengan saat majalah Paris Match menampilkan judul “Julie Gayet tampil ke publik” di sampul depannya. Majalah itu melaporkan pada Kamis bahwa aktris itu diatur untuk “menjalankan peran barunya sedikit demi sedikit” sebagai mitra resmi Hollande.

Pada bulan April, majalah selebriti Voici menerbitkan foto keduanya berjalan kaki bersama di La Lanterne, kediaman presiden di Versaille, di luar Paris, bersama beberapa teman lama Hollande.

Majalah yang sama pada edisi November menerbitkan foto pasangan itu tampak bersantai di kediaman presiden Elysee, yang memicu mutasi lima pegawai karena tuduhan pelanggaran keamanan.

Hollande, yang dalam beberapa bulan terakhir berulang kali ditanya tentang status hubungannya dengan Gayet di tengah spekulasi besar di tabloid, tidak membenarkan atau membantah bahwa mereka telah menjadi pasangan, ia hanya mengatakan bahwa ia memiliki hak agar kehidupan pribadinya dihormati.

Foto paparazzi pada Januari 2014 yang menunjukkan Hollande dengan mengenakan helm skuter, mengunjungi Gayet di sebuah apartemen di Paris menjadi perbincangan media internasional .

Trierweiler, seorang jurnalis, paskaputus dengan Hollande menerbitkan buku laris yang memuat kisah pribadinya dengan sang presiden. Ia menggambarkan presiden itu sebagai orang egois berhati dingin yang bersikap sombong pada warga miskin tak berdaya.

Presiden itu memiliki empat anak dari pasangannya sebelumnya, Menteri Ekologi saat ini Segolene Royal.

(Uu.G003/A016)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2015