Jakarta (ANTARA News) – Presiden Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) Ponaryo Astaman menyatakan, siap membantu reformasi persepakbolaan Tanah Air dengan turut terlibat dalam komite pembenahan.

“APPI nantinya mungkin bisa terlibat langsung dalam komite tersebut, dan APPI juga menyatakan kesiapan bila nantinya terlibat langsung,” ujarnya di Kantor Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Jakarta, Selasa.

Delegasi FIFA-AFC yang datang ke Indonesia dengan mandat untuk menyelesaikan kisruh sepak bola Tanah Air juga menjalin dialog dengan APPI untuk mendengarkan pendapat mengenai masalah persepakbolaan nasional dari sudut pandang pemain.

Ponaryo sebagai salah seorang pesepakbola nasional dan perwakilan APPI menyatakan, salah satu solusi yang didiskusikan pihaknya dengan FIFA adalah kemungkinan pembentukan komite untuk menyelesaikan kisruh.

Dia mengatakan untuk lebih bisa menyerap aspirasi pemain, maka dibutuhkanlah aspirasi dari pemain pula dalam komite yang akan dibentuk FIFA.

Namun, dia mengatakan, belum bisa menyebutkan pencabutan sanksi FIFA kepada sepak bola Indonesia akan segera dilakukan.

“Tapi, yang paling nyata adalah komite itu, dan hal tersebut bisa jadi jalan keluar,” katanya.

Komite yang dimaksud tersebut, Ponaryo menambahkan, sama dengan tim kecil yang sebelumnya diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pembentukan komite tersebut akan melibatkan berbagai pemangku kepentingan sepak bola Tanah Air.

APPI mengisyaratkan pula bahwa PSSI, federasi sepak bola nasional yang menerima sanksi dari FIFA dan sedang dibekukan oleh pemerintah, akan ikut dilibatkan dalam komite.

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2015