Apple beli Beat Electronics seharga Rp36,48 triliun

Apple beli Beat Electronics seharga Rp36,48 triliun

Washington (ANTARA News) – Apple menempuh akuisisi terbesar dalam sejarahnya dengan mengeluarkan dana 3,2 miliar dolar AS (Rp36,48 triliun) untuk membeli Beats Electronics, yaitu perusahaan pembuat headphone dan produk lainnya yang berbasis di California yang didirikan rapper Dr. Dre.

Kesepakatan ini akan dicapai paling cepat pekan depan, namun pembicaraan bisa menjadi berlarut-larut, lapor New York Times seperti dikutip AFP.

Financial Times melaporkan Apple tidak hanya akan membeli brand Dr. Dre itu namun juga layanan streaming musik yang diluncurkan Beats Electronics belum lama ini yang dikenal dengan Beats Music.

Kesepakatan yang dinilai kedua koran ini bernilai 3,2 miliar dolar AS itu menandai akuisisi terbesar yang pernah dilakukan Apple.

Bagi Apple sendiri, yang pertumbuhan pendapatannya melambat tajam dalam beberapa tahun terakhir, kesepakatan itu bisa merupakan langkah besar ke streaming musik.

Perusahaan yang tahun lalu baru saja merilis produk streaming-nya, iTunes Radio, melambat saat masuk dunia streaming, lapor The Times.

Pembelian Beats akan juga membuat Apple memiliki produk dan brand laris. Setelah sukses luar biasanya bersama iPhone dan iPad, Apple menghadapi tekanan besar dari para investor untuk mengungkapkan produk-produk barunya, namun tidak ada satu pun yang diluncurkan.

Dengan dana senilai 3 miliar dolar AS, akuisisi Beats membuat Apple membuat langkah besar. Di bawah pendirinya Steven P. Jobs, Apple memilih kesepakatan-kesepakatan kecil.

Namun Timothy D. Cook yang menjadi bos perusahaan ini beberapa saat sebelum Jobs meninggal dunia pada 2011, lantang menyuarakan akusisi-akuisisi oleh perusahaannya dan strategi di balik itu.

Belum lama ini, Cook mengatakan bahwa Apple telah mengakuisisi 24 perusahaan dalam 18 bulan terakhir, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik

Related Posts

No comments