Apple rilis OS X Yosemite

Apple rilis OS X Yosemite

Jakarta (ANTARA News) – Produsen PC Mac, Apple, merilis versi teranyar sistem operasi andalannya yang dinamai OS X Yosemite, generasi lanjut dari OS X Maverick.

“Interface didesain ulang. Benar-benar baru. Sepenuhnya Mac,” kata Apple dalam pernyataan yang di website resmi perusahaan, Senin (Selasa WIB).

Apple mengaku untuk melakukan itu semua, pihaknya telah meneliti ke dalam sistem dan aplikasi demi aplikasi, fitur demi fitur, dan piksel demi piksel.

Hasilnya, kata Apple, komputer Mac akan punya penampilan yang benar-benar baru dengan semua kekuatan dan kesederhanaan yang dicintai pengguna.

Pada Notification Center yang berikon kalender, jam, dan ikon cuaca, Apple menjanjikan akses cepat ke segala hal yang pengguna ingin ketahui, seperti kegiatan/acara mendatang, pengingat, saham, cuara, dan banyak lagi.

Tambahkan widget dari Mac App Store (toko aplikasi Mac) untuk meng-customize apa yang ingin pengguna ketahui melalui Notification Center.

Dengan jendela pencarian baru dan kaya, hasil yang bisa scroll, Spotlight membuat itu semua menjadi lebih mudah untuk menemukan sesuatu melalui Mac, termasuk informasi dari Wikipedia, Bing, Maps, dan sumber-sumber lain.

Apple mengatakan, dalam OS X Yosemite, tampilan aplikasi-aplikasi telah didesain lebih elegan dan ditambahkan fitur-fitur baru.

Baik browser Safari maupun aplikasi e-mail-nya, menurut Apple, sekarang jauh lebih cepat. Aplikasi Mail-nya bisa untuk mengirim dokumen besar lebih mudah.

Selain tetap menawarkan penyimpanan dalam komputasi awan via iCloud Drive, Apple mengatakan, dengan OS X Yosemite pengguna bisa mengkoneksikan iPhone dan Mac dengan mudah.

Mengirim dan menerima pesan SMS maupun iMessage dapat dilakukan melalui Mac, bahkan menerima atau melakukan panggilan telefon. Pengguna bisa menerima panggilan telefon melalui Mac, meskipun iPhone-nya sedang berada di ruangan lain.

Pengguna juga bisa mengaktifkan personal hotspot pada iPhone dengan hanya melalui beberapa klik pada Mac. Sejauh iPhone masih dalam jangkauan, “Anda tetap bisa online dengan Mac Anda”, kata Apple.

OS X Yosemite akan mulai tersedia untuk diunduh mulai musim gugur ini.

Editor: Suryanto

Related Posts

No comments