Malang (ANTARA News) – Arema Cronus Indonesia Malang, Jawa Timur, kehilangan enam pemain pilarnya menjelang persiapan babak delapan besar Liga Super Indonesia karena memperkuat Timnas Senior maupun U-23.

Asisten pelatih Arema Djoko Susilo di Malang, Senin mengatakan keenam pemain yang dipanggil timnas itu adalah Ahmad Bustomi, Hendro Siswanto, Kurnia Meiga Hermansyah, Samsul Arif dan Cristian Gonzales yang dipersiapkan menghadapi Piala AFF. Sedangkan Victor Igbonevo memperkuat Timnas U-23.

“Agenda latihan rutin untuk persiapan babak delapan besar nanti mulai besok (Selasa, 9/9) karena setelah laga pamungkas babak penyisihan menghadapi Persijap Jepara, pemain diliburkan selama dua hari dan pemain yang dipanggil timnas langsung bergabung dengan tim di Jakarta, tidak kembali ke Malang,” katanya.

Menurut Djoko Susilo yang akrab dipanggil “Gethuk” itu, untuk Timnas Senior, persiapan tidak akan lama karena hanya akan melakukan dua kali uji coba pada bulan ini, yakni melawan Timnas Yaman pada Selasa (9/9) dan Timnas Malaysia, Minggu (14/9).

Sementara Victor yang tergabung dalam persiapan Timnas U-23 akan mengikuti rangkaian pertandingan yang diperkirakan usai akhir bulan ini. Karena memperkuat timnas tersebut, keenam pemain ini kemungkinan besar tidak bisa maksimal mengikuti persiapan Arema menghadapi babak delapan besar.

Meski enam pemainnya tidak bisa maksimal mengikuti persiapan babak delapan besar, tim pelatih tidak terlalu merisaukan, bahkan pemain Arema yang masuk ke timnas diharapkan mampu memberikan yang terbaik bagi bangsa.

“Kami hanya bisa berharap agar mereka bisa membawa nama Arema, membawa nama bangsa, serta nama mereka sendiri selama di timnas. Hanya saja, pemain yang bergabung dengan timnas ini juga bisa menjaga kondisi dan ketika kembali dari timnas kualitas mereka juga meningkat,” kata Joko.

Pelatih Arema, Suharno menambahkan selama mempersiapkan babak delapan besar yang kemungkinan digelar Oktober nanti, tim pelatih akan menyiapkan pemusatan latihan (TC), namun mekanisme TC akan ditentukan setelah menerima jadwal delapan besar. Pembahasan jadwal babak delapan besar baru dilakukan Senin ini dalam pertemuan manajer di Jakarta.

Tim pelatih, lanjutnya, masih belum bisa menentukan lokasi TC, apakah nanti di Malang atau luar Malang, tergantung hasil pertemuan manajer.  Jika memiliki banyak waktu, bisa saja pemusatan latihan digelar di luar Malang.

Pada babak delapan besar, Arema akan satu grup bersama Persipura Jayapura, Semen Padang dan Persela Lamongan. Untuk musim kompetisi 2014, Arema menargetkan juara liga.

Editor: Fitri Supratiwi