Equityworld Futures – AUD/USD terpantau sedikit menurun dengan kecenderungan flat di hari Rabu (20/Juli) ini setelah data Leading Index MI untuk bulan Juni dilaporkan tergelincir 0.2 persen. Penurunan tersebut menghapus perolehan 0.2 persen pada bulan sebelumnya, sehingga AUD/USD melemah tipis 0.08 persen diperdagangkan pada harga 0.7502.

dolar_australia
Outlook Leading Indeks tersebut memberikan sinyal konsisten terhadap data pertumbuhan yang diukur oleh Westpac, dimana laju pertumbuhan Australia terbilang stabil di kisaran 3 persen hingga tahun depan. Bank Sentral Australia (RBA) akan memperbarui prediksi mereka tentang pertumbuhan dan inflasi pada bulan Agustus untuk basis kuartalan bersamaan dengan pengumuman kebijakan moneter.

Analis AMP Capital: Aussie Akan Menguat Ke Level Tinggi 7 Pekan

Salah satu Money Manager terbesar di Australia yang diwawancarai oleh Sydney Morning Herald mengatakan bahwa mata uang negara tersebut kemungkinan akan membangun penguatan dalam tujuh pekan bahkan hingga ke atas level 0.80 Dolar AS.

Dengan investor yang mengekspektasikan divergensi arah kebijakan moneter antara Federal Reserve AS dan RBA, Aussie dapat naik ke level tinggi yangbelum terlihat sejak bulan Mei 2015 apabila para pembuat kebijakan mengambil keputusan yang berbeda dengan ekspektasi, kata Ilan Dekell dari AMP Capital. Jika mata uang mendekati level-level tersebut, maka ini saat untuk menjual AUD/USD, karena penurunan ekonomi membuat para eksporter harus berjuang untuk mengatasi kerugian.

“Trader memperkirakan RBA akan memotong suku bunganya, tetapi jika tidak, pasar akan menilai kembali kebijakan tersebut dan (akibatnya) Dolar Australia akan reli,” kata Dekel. Sedangkan, lanjut Dekell, ekuitas dan aset-aset berisiko, akan mendapat dukungan dari Federa Reserve yang tampak enggan untuk menaikkan suku bunganya lagi. – Equity world Futures