Equity World FuturesBursa saham Asia naik untuk hari keempat karena produsen energi naik dengan minyak dan saham China di Hong Kong mencatatkan kemenangan beruntun terpanjang mereka dalam sembilan tahun setelah data menunjukkan impor negara mengalahkan perkiraan pada bulan Mei.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,5 persen menjadi 131,13 pada pukul 16:22 sore di Hong Kong, menuju penutupan tertinggi dalam enam minggu tertinggi. Ekspor China stabil pada bulan Mei, dengan melemahnya mata uang memberikan beberapa dukungan untuk pertumbuhan di negara dengan perdagangan terbesar di dunia. Bank Dunia memangkas prospek untuk ekspansi global karena mengecilnya pengeluaran bisnis di negara maju termasuk AS. Penurunan muncul karena ekuitas di dunia melayang di dekat level tertinggi 2016, sementara Federal Reserve mempertimbangkan peningkatan suku bunga.

Bank Dunia Pangkas Prospek Ekspansi global, Bursa saham Asia Naik Lagi

Setelah spekulasi terbaru bahwa pihak berwenang China akan segera mengumumkan tanggal di mulainya exchange link dengan Shenzhen, investor mengalihkan perhatian pada kesehatan ekonomi. Laporan hari Rabu menunjukkan impor negara tergelincir 0,4 persen secara yuan, penurunan terkecil sejak akhir 2014, sedangkan pengiriman luar negeri turun 4,1 persen.

Indeks Hang Seng China Enterprises yang diperdagangkan di Hong Kong naik 0,3 persen, menguat untuk hari kesembilan, kemenangan beruntun terpanjang sejak Maret 2007. Indeks Shanghai Composite turun 0,3 persen, setelah sebelumnya jatuh sebanyak 0,9 persen. Indeks Hang Seng turun 0,1 persen.(frk)

Sumber: Bloomberg