Barcelona (ANTARA News) – Barcelona menggamankan tiga poin setelah menundukkan Ajax Amsterdam 3-1 di Camp Nou dalam lanjutan Liga Champions, Rabu dini hari.

Tujuh menit setelah peluit babak pertama dibunyikan, Neymar membuat Barca unggul setelah mendapat bola dari Lionel Messi yang menggiring bola melewati pemain belakang Ajax. Kemudian dia memotong bola dan memberikannya kepada Neymar dan mengincar pojok atas gawang Cillessen.

Barcelona tampil superior pada pertandigan grup Liga Champions di Camp Nou dalam 14 pertandingan, yakni menang 12 kali, dan kalah dua kali. Kekalahan terakhir mereka terjadi pada Oktober 2009 saat tunduk 2-1 dari Rubin Kazan.

Pada menit 24 Messi membuat Barca unggul setelah didahului assist Andres Iniesta.

Itu berawal dari salah umpan yang dilakukan pemain Ajax. Bola sudah ada di kaki Iniesta, kemudian memberikan umpan kepada Messi di depan gawang. Viergever mencoba menghalangi, tetapi Messi bisa melepaskan tendangan, mengincar pojok bawah gawang Cillessen dengan tendangan pelan.

Rata-rata umur skuat Ajax adalah 22,2 yang adalah tim kedua termuda di Liga Champions. Yang pertama adalah Anderlecht 22,1, sedangkan Liverpool pada urutan ketiga dengan 23,3.

Barca kembali menekan jantung pertahanan Ajax lewat Pedro, tetapi tendangannya dimentahkan Ajax.

Tertinggal dua gol membuat de Boer menarik Kishna dan menggantinya dengan Milik.  Namun Barca tetap menguasai bola.

Pada menit 50, Messi sudah menceploskan bola ke gawang, tetapi terlebih dahulu offside.

Varcelona memenangi kelima laga mereka di semua kompetisi di kandang musim ini.

Pique hampir membuat gol bunuh diri ke gawang Ter Stegen. Pique bermaksud menyangkal bola Sigthorsson, tetapi malah mengarah ke atas gawang.

Unggul dua gol, membuat Enrique memasukkan pemain muda. Salah satunya Sandro Ramirez yang berumur 19 tahun ini menggantikan Neymar. Messi juga digantikan Munir El Haddadi.

Ajax mencoba mencari gol. Schone menemukan ruang di kanan dan memberikan bola kepada Klaassen, tetapi tendangannya bisa dihentikan Ter Stegen.

Pada menit 88 Ajax mengejar ketertinggaln lewat Anwar El Ghazi yang memanfaatkan pertahanan buruk Barcelona.

Berawal dari kombinasi Riedewald dan Milik, bola diberikan kepada El Ghazi dan diubahnya menjadi gol, namun pada menit 90+4 Sandro Ramirez memastikan tiga poin Barca.

Barca menguasai 63 persen pertandingan, sementara Ajax 37 persen. Dengan tendangan ke arah gawang enam berbanding satu untuk Barcelona.

Berikut susunan pemain kedua tim seperti dilansir UEFA.com.

Barcelona: Ter Stegen; Dani Alves, Bartra, Pique, Jordi Alba; Rakitic, Mascherano, Iniesta; Pedro, Neymar, Messi.
Pengganti: Montoya, Xavi, Rafinha, Bravo, Sergi Samper, Sandro Ramirez, Munir.
Pelatih: Luis Enrique

Ajax: Cillessen; Van Rhijn, Veltman, Moisander, Viergever; Klaassen, Zimling, Andersen; Schone, Kishna, Sigthorsson.
Pengganti: Duarte, Riedewald, El Ghazi, Milik, Boer, Menig, Denswil.
Pelatih: Frank de Boer

Editor: Jafar M Sidik