Barcelona bungkam Muenchen 3-0

Barcelona (ANTARA News) – Barcelona berhasil mengalahkan Bayern Muenchen 3-0 lewat gol-gol Lionel Messi dan Neymar pada pertandingan semifinal leg pertama Liga Champions di Stadion Nou Camp, Rabu waktu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Laman UEFA melaporkan, Muenchen unggul tipis penguasaan bola sebesar 52 persen. Namun dari segi tendangan tepat sasaran, Barca jauh lebih perkasa dengan melakukannya delapan kali, sementara Muenchen tak berkesempatan melakukannya sepanjang laga.

Barcelona mendapatkan peluang pertama pada menit 12. Suarez yang tinggal berhadapan dengan kiper, melepaskan tendangan keras ke arah kanan gawang. Namun dengan sigap, Neuer berhasil menghalau bola dengan kakinya.

Menit ke-18 giliran Muenchen menciptakan peluang emas. Menerima umpang silang Muller di depan gawang, Lewadowski gagal mengarahkan bola tepat ke sasarannya dan melebar ke sisi kiri gawang.

Suarez kembali unjuk kebolehan lewat sundulan pada menit 28 usai menerima sepakan pojok Rakitic, tetapi, bola melambung di atas mistar gawang.

Menit 41 giliran Rakitic menjajal keberuntungan lewat sepakan keras dari jarak dekat, namun bola melebar dari sasarannya. Skor kacamata pun tak berubah hingga babak pertama berakhir.

Beranjak ke babak kedua, Alves mendapatkan kartu kuning pada menit 46 akibat menjatuhkan Lewadowski di luar kotak terlarang. Pelanggaran yang berbuah tendangan bebas itu, dieksekusi Xabi Alonso itu, namun, bola membentur “pagar hidup” Barca.

Pada menit 57 Messi mendapatkan peluang menciptakan gol dari luar kotak penalti usai menerima umpan Neymar. Namun bola sepakan keras tersebut, masih bersarang di pelukan Neuer.

Muenchen nyaris membobol gawang tim tuan rumah lewat sepakan Alcantara dari luar kotak penalti pada menit 72. Bola yang sempat mengenai Pique itu, masih terlalu lemah untuk menaklukkan penjaga gawang.

Barcelona berhasil unggul 1-0 pada menit 77. Gol tercipta berkat sepakan Messi dari luar kotak penalti usai mene. Bola yang meluncur deras tak mampu dijangkau Neuer meskipun mampu membaca arah bola.

Tiga menit berselang Lionel Messi mencetak gol kedua. Menerima umpan terukur Rakitic, El Messiah berhasil mengelabui Neuer dengan melakukan tendangan chip. Bola pun meluncur ke gawang Muenchen.

Menit 83, Suarez yang tinggal berhadapan dengan kiper, gagal memperlebar keunggulan timnya setelah bola melambung tinggi di atas gawang.

3-0! Neymar turut mencatatkan namanya di papan skor pada menit 92. Menerima umpan dari Messi dari tengah lapangan, Neymar yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Neuer, berhasil mengelabui kiper terbaik dunia tahun 2014 itu.

Hingga laga berakhir, tak ada gol tambahan tercipta. Kedua tim akan kembali bersua pada leg kedua di kandang Bayern Muenchen pekan depan. Tentu, anak asuh Guardiola perlu kerja ekstra keras untuk membalikkan keadaan.

Berikut susunan pemain kedua tim seperti dilansir laman UEFA:

Barcelona: Ter Stegen, Pique, Rakitic, Busquets, Iniesta, Suárez, Messi, Neymar, Mascherano, Alba, Alves.

Pelatih: Luis Enrique

Bayern Muenchen: Neuer, Alonso, Benatia, Thiago, Lewandowski, Rafinha, Boateng, Bernat, Lahm, Muller, Schweinsteiger

Pelatih: Josep Guardiola

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015