BEI optimistis target 30 perusahaan IPO tercapai

BEI optimistis target 30 perusahaan IPO tercapai

Jakarta (ANTARA News) – Bursa Efek Indonesia optimistis target pelaksanaan penawaran umum saham perdana atau IPO sebanyak 30 perusahaan pada tahun 2014 akan tercapai.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI Hoesen di Jakarta, Rabu mengatakan sepanjang tahun ini tercatat sebanyak 12 perusahaan telah melakukan IPO, sementara dalam “pipeline” bursa sebanyak tujuh perusahaan.

“Pada Jumat (27/6) nanti, PT Chitose International Tbk akan mencatatkan sahamnya di BEI, jadi jumlahnya menjadi 13 perusahaan,” ucapnya.

Ia mengemukakan dari tujuh perusahaan yang masuk dalam pipeline” IPO itu menggunakan buku keuangan periode Maret 2014 sebagai salah satu syarat pengajuan penawaran umum umum.

“Kalau prosesnya lancar berarti jumlah IPO mencapai 20 perusahaan, jadi kurang 10 perusahaan dari target BEI, tetapi masih ada buku keuangan periode Juni untuk mengajukan persyaratan IPO. Diharapkan, target tercapai,” katanya.

Menurut Hoesen, pelaksanaan IPO juga tidak terpengaruh kondisi pemilu presiden pada 9 Juli 2014 mendatang.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Utama BEI Ito Warsito. Dirinya menyatakan bahwa pihaknya tidak menargetkan pelaksanaan IPO membagi secara linear.

“BEI tidak membagi IPO secara linear, pada satu semester harus 15 perusahaan yang IPO karena masing-masing laporan buku keuangan perusahaan berbeda-berbeda. Tapi kami tetap optimistis,” ucapnya.

Terkait target rata-rata transaksi saham harian, Ito Warsito mengakui bahwa terjadi penurunan di sepanjang tahun ini. Pada awal tahun hingga Juni 2014 ini tercatat rata-rata nilai transaksi saham sekitar Rp6 triliun, sementara pada 2013 sebesar Rp6,2 triliun.

Kendati demikian, Ito Warsito tetap optimistis target rata-rata transaksi harian yang ditetapkan BEI pada tahun ini sebesar Rp7 triliun dapat terwujud.
(KR-ZMF/B015)

Editor: Ruslan Burhani

Related Posts

No comments