Jakarta (ANTARA News) – Bank Indonesia meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada di kisaran 4,7-5,1 persen sampai akhir tahun, dengan perekonomian Indonesia yang membaik di kuartal III 2015.

“Dengan kondisi sekarang dimana kita perkirakan pertumbuhan eko di Q3 ada di kisaran 4,85 persen, kita perkirakan pertumbuhan secara keseluruhan akan berada di antara 4,7-5,1 persen,” kata Gubernur BI Agus Martowardojo di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu petang.

Agus mengharapkan pada kuartal IV 2015 akan ada perbaikan signifikan yang sejalan dengan pola ekonomi Indonesia selama ini, yaitu ada peningkatan di kuartal tiga dan empat.

Pada kuartal III, lanjut Agus, perbaikan terlihat dari peningkatan investasi dan pengeluaran pemerintah.

“Biasanya peran swasta baru terasa di kuartal IV,” ujar mantan Menteri Keuangan RI ini.

Dia mengharapkan, kuartal IV investasi bangunan dan investasi swasta akan meningkat dan memberikan kontribusi ke perekonomian Indonesia. Agus juga menilai pertumbuhan ekonomi kuartal III ini lebih baik jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi kuartal I dan II.

“Kuartal III lebih baik dari kuartal sebelumnya. Inflasi juga kita prediksi akan berada di bawah 4 persen,” ucapnya.

Sebelumnya, BI memprediksikan pertumbuhan ekonomi kuartal III 2015 dikisaran 4,9 persen lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kuartal II 2015 yang sebesar 4,67 persen.

Dengan ekonomi yang membaik, Agus juga melihat pencairan kredit berada di kisaran yang sesuai dengan proyeksi BI yaitu 11-13 persen.

“Tapi dari minggu ke minggu kan bisa berubah dan ada di kisaran 10-11 persen jadi kita harap di kuartal IV ada pencairan kredit yang lebih baik sehingga target 11-13 persen tercapai akhir tahun,” katanya.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2015