Biden hadiri pelantikan pemimpin Ukraina

Biden hadiri pelantikan pemimpin Ukraina

Washington (ANTARA News) – Wakil Presiden AS Joe Biden berangkat menuju Kiev pada Jumat malam untuk menghadiri pelantikan Presiden terpilih Ukraina Petro Poroshenko seiring upaya pemerintah Presiden Barack Obama menekan Rusia untuk mengakui pemimpin baru Ukraina itu.

Biden memimpin delegasi Amerika Serikat ke Kiev untuk menghadiri acara pelantikan pada Sabtu dan juga dijadwalkan bertemu dengan Poroshenko dan Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk untuk membahas “agenda pemerintah Ukraina untuk reformasi demokrasi, pembangunan ekonomi dan upaya meredakan krisis di bagian timur negara itu”, menurut Gedung Putih.

Dia juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Moldova Nicolae Timofti di sela-sela acara pelantikan itu untuk mendiskusikan pembangunan kawasan.

Biden, yang dijadwalkan tiba pada pukul 09:00 waktu setempat pada Sabtu di bandara internasional Boryspil, akan bergabung dengan anggota delegasi antara lain Senator John McCain, Ron Johnson dan Chris Murphy, utusan Marcy Kaptur, Asisten Menteri Luar Negeri

Victoria Nuland dan Duta Besar Dan Baer dan Geoff Pyatt.

Baer adalah duta besar AS untuk Organisasi Keamanan dan Kerja Sama di Eropa, sementara Pyatt bertindak sebagai Duta Besar AS untuk Ukraina.

Pada Sabtu sore setelah pelantikan, Biden dijadwalkan menuju ke Sophia, Kiev, untuk menghadiri resepsi guna menghormati Poroshenko, menurut agenda kegiatannya yang dikeluarkan oleh Gedung Putih.

Dia kemudian akan bertemu dengan Timofti di Hyatt Regency sebelum melakukan pertemuan dengan Yatsenyuk dan pertemuan bilateral dengan Poroshenko di kantor presiden.

Pasca pertemuan tersebut, Biden dijadwalkan kembali ke Amerika Serikat, dan menghabiskan akhir pekan di rumahnya di Wilmington, Delaware, demikian AFP melaporkan.

(SYS/G003/C003)

Editor: Suryanto

Related Posts

No comments