Zurich (ANTARA News) – Presiden FIFA Sepp Blatter menghadapi skors 90 hari dari sepak bola jika hakim etik organisasi sepak bola itu mendukung rekomendasi para jaksa, kata teman dekat dan mantan penasehat Blatter kepada Reuters.

Sosok yang lama menjadi orang kepercayaan Blatter Klaus Stoehlker mengatakan keputusan oleh hakim hans-Joachim Eckert pada skors sementara diperkirakan diputuskan pada Jumat.

“Tidak ada keputusan final, ini merupakan rekomendasi dari bagian bawah Komite Etik kepada bagian atas,” kata Stoehlker, yang menambahi bahwa Blatter telah diinformasikan mengenai perkembangan yang ada.

“Presiden Blatter akan berada di kantornya di FIFA besok,” ucapnya.

Juru bicara FIFA mengarahkan pertanyaan kepada para pengacara Blatter yang berasal dari AS, yang tidak merespon permintaan untuk berkomentar.

Juru bicara untuk Eckert menolak berkomentar. Juru bicara untuk Kamar Penyelidikan Komite Etik tidak dapat dimintai komentarnya saat ini.

Para jaksa Swiss pada bulan lalu membuka penyelidikan kriminal terhadap Blatter terkait kontrak hak-hak televisi Piala Dunia Karibia yang ia tandatangani, dan pembayaran sebesar dua juta franc Swiss kepada Michel Platini pada 2011, di mana status Platini oleh jaksa agung Swiss masih berada antara saksi dan terduga bersalah.

Keduanya menolak tudingan telah melanggar peraturan.

Laporan-laporan media mengindikasikan bahwa Platini juga diperiksa oleh Komite Etik.

Terikat oleh peraturan-peraturan kerahasiaan, Komite Etik FIFA tidak berkomentar mengenai apakah Platini saat ini sedang menjalani pemeriksaan.

Juru bicara Platini saat ini tidak dapat dimintai komentarnya.

(Uu.H-RF/A026)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2015