Equityworld Futures – Dolar Australia mendapat sedikit penguatan seiring dengan kembali stabilnya harga komoditas.

minat risiko global, dan kondisi politik pemerintahan Australia. AUD/USD diperdagangkan pada level 0.7563, meniti kenaikan dari harga 0.7540 yang tercapai pada hari Jumat lalu.

malcolm_turnbull
Terdukung Minat Risiko Dan Harga Komoditas

Trader senior OANDA, Stephen Innes, mengungkapkan bahwa Dolar Australia saat ini tengah berada dalam posisi yang manis karena terdukung oleh minat risiko dan harga komoditas yang stabil. “Harga barang-barang komoditas hasil ekstraksi (hard commodity) masih diperdagangkan dalam zona ‘Goldilocks’, yakni kondisi yang tidak bullish tetapi juga tidak bearish. Di samping itu, para penambang lokal Australia juga masih menikmati dampak Brexit yang melambungkan harga emas. Semua hal tersebut menjadi topangan bagi penguatan Aussie saat ini,”

“Namun yang paling signfikan, bullish Aussie diuntungkan oleh fakta bahwa para bankir di sejumlah negara-negara penting dunia berjanji untuk membuat pasar modal global tetap dalam posisi yang menyenangkan dengan cara membanjiri sistem finansial dengan uang.” kata Innes.

Australia Di Bawah Pemerintahan Partai Liberal

Kepada The Australian, Innes juga mengatakan bahwa ketidakpastian politik Australia telah berkurang semenjak PM Malcolm Turnbull mendeklarasikan kemenangannya dalam waktu bersamaan dengan kekalahan Partai Buruh dalam pemilu federal. “Lanskap politik Australia tampak sedikit lebih stabil menjelang kembalinya dominasi Partai Liberal ke kursi pemerintahan,” ujar Innes. Meski demikian, reaksi Dolar Australia pagi ini terhadap politik negara tersebut sebetulnya masih sangat kecil dibandingkan dengan faktor-faktor lainnya, tutup Innes. – Equity world Futures