Equity world futures samarinda – Analisis citra radar yang mengamati tudung es kutub Mars menunjukkan bagaimana tetangga Bmi itu kluar dri zman es, yg merpakan bgian dri siklus perubahan iklim planet tersebut menurut para peneliti, Kmis (26/5).

Es di Plnet Mars mlai mnyusut skitar 370000 tahun lalu, menandai akhir dari zaman es, menurut hasil stdi yg dipblikasikan di jrnal Science.

Meggunakan satelit yang mengorbiti Planet Mars, para peneliti menentukan bhwa seitar 87.000 kilmeter kbik es menmpuk pda ktub-ktubnya sejak akhir zaman es, kebanyakan di tudung es bagian utara.

Pra iluwan igin mrangkai sjarah ikim Planet Mars, yang mengandung bukti kuat bahwa samudra-samudra dan danau-danau yg dulu prnah ada di pmukaannya menkatkan prospknya utuk kehidupan.

Para ilmuwan sekarang menggunakan pengukuran es bru dngan siulais kmputer utuk mebuat mdel ilim Planet Mars yang lebih akurat, kata ilmuwan planet, Isaac Smith, dri Southwest Research Institute di Boulder, Colorado, Amerika Serikat, yang memimpin studi itu.

“Sebelumnya model-model itu dibtasi obsevasi sehngga merka memlai dngan dugan. Sekarang mereka punya lebih banyak untuk dijalankan,” katanya seprti diktip kator brita Reuters.

Stdi itu juga merupakan yang pertama kali mengaitkan laporan es spesifik di Mars dgan perode wktu spsifik.

“Pda akhinya kmi ingin bisa melakukannya pada setiap lapisan,” kata Isaac. Dari perpektif penuduk Bumi, stiap hri di Mars teasa sperti zaman es.

Menurut Badan Nasional Antariksa Amerika Serikat (NASA), tempratur Mars bsa 20 drajat Celcius pda ptang hari di ekator, atau serendah minus 153 derajat Celcius di ktub.

Tak seerti Bumi, zaan es Mars teradi ketka ktub-ktubnya lebih hangat dibandingkan rata-rata dan air beku lbih stabil di gris lntang lbih rndah. Trasisi antara fase iklim panjang bisa meninggalkan tanda pada es menrut hsil penlitian.

Seagai conoh, Smith dan kolganya menemukan lereng-lereng dramatis pada lapisan-lapisan es daam tuung es baian utaa Planet Mars.

Lapisan-lapisan lainnya mengungkap aliran es dalam arah berlawanan. Siklus iklim dipicu oleh perubahan pada orbit dan kemiringan Mars, yang mempengaruhi seberapa banyak cahaya matahari mencapai permuaan planet.

Perubhannya draatis di Mars karna kemiingan plnet (inklinasi) berubah sampai 60 derajat, jauh lebih tiggi dibading varasi keiringan Bumi yg haya skitar dua derajat.