Jakarta (ANTARA News) – FC Porto berhasil mendepak FC Basel dari Liga Champions berkat kemenangan telak 4-0 (agregat 5-1) pada leg kedua 16 besar yang digelar di Estadio do Dragao, Portugal, Rabu dini hari.

Porto mencetak gol pembuka pada menit 14 melalui tendangan bebas Yacine Brahimi yang menerobos pagar pemain bertahan dan bola bersarang di gawang FC Basel yang dijaga Tomáš Vaclík.

Pada menit ke 27 dan 30 Porto memiliki peluang dari tendangan Herrera namun bola masih mampu diamankan Vaclik.

Gelandang Porto asal Brasil, Casemiro, dan penyerang Aboubakar memiliki peluang pada 15 menit terakhir babak pertama namun hingga wasit meniup peluit tanda istirahat skor 1-0 keunggulan Porto tidak berubah.

Pada babak kedua, Porto menambah angka menjadi 2-0 berkat gol Hector Herrera yang memaksimalkan umpan Yacine Brahim pada menit 47.

Porto memperlebar jarak skor menjadi 3-0 dari tendangan bebas Casemiro setelah penyerang Porto, Tello, dilanggar Safari pada menit 56.

Aboubakar membawa Porto unggul 4-0 pada menit 76 melalui sepakan dari jarak 20 meter yang tidak mampu dibendung pertahanan Basel.

Basel harus bermain dengan 10 pemain setelah bek asal Argentina Walter Samuel diusir wasit akibat melanggar Aboubakar pada menit 90. Hingga laga usai skor kemenangan Porto 4-0 tidak berubah.

Statistik Livescore mencatat Porto unggul penguasaan bola 55 berbanding 45 persen dengan tujuh tendangan ke gawang sementara Basel hanya tiga kali.

Kemenangan ini memastikan langkah FC Porto melaju ke babak delapan besar Liga Champions yang akan digelar bulan depan.

Berikut susunan pemain dikutip dari situs resmi UEFA:

Porto (4-3-3): Fabiano(GK), Danilo (Martins Indi), Maicon, Marcano, Alex Sandro, Casemiro, Brahimi (Ruben Neves), Evandro (Quaresma), Herrera, Tello, Aboubakar

FC Basel (4-3-3): Vaclík(GK), Samuel, Schär (Breel Embolo), Safari, Zuffi, F. Frei (Y.Kakitani), Elneny, Xhaka, Streller(C), Gashi (Calla), González

Gol: 14′ Brahimi, 47′ Herrera, 56′ Casemiro, 76′ Aboubakar

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2015