Equityworld Futures – Dolar AS diperdagangkan beragam terhadap Yen dan Euro di sesi perdagangan Eropa Jumat (02/September) sore hari ini, masih dengan mata para investor yang terpaku pada rilis data Non Farm Payroll (NFP) AS malam ini. USD/JPY naik sekitar 0.35 persen di angka 103.63, lebih tinggi dibandingkan dengan 103.23 yang tercapai pada sesi perdagangan New York malam tadi. Di sisi lain, EUR/USD menurun sekitar 0.13%, diperdagangkan pada posisi 1.1180 saat berita ini ditulis.

dolar_as

Para investor tampak enggan mengambil posisi baru sebelum rilis NFP AS malam nanti. Berbagai analisis dari para ekonom dan lembaga-lembaga finansial ternama pun bermunculan menantikan rilis yang menjadi salah satu faktor penentu kenaikan tingkat suku bunga The Fed tersebut.

Kata Para Analis Tentang NFP AS Agustus
Salah satunya adalah analis dari JP Morgan, yang dalam catatannya mengatakan, Dolar kemungkinan hanya memiliki ruang terbatas untuk menurun, apabila pertumbuhan NFP AS masih tercatat tumbuh sebanyak 100,000 atau lebih pada bulan Agustus. JP Morgan sendiri memperkirakan NFP AS akan naik sekitar 150,000 bulan Agustus namun dengan peningkatan upah hanya 0.1 persen.

Pandangan lain datang dari Kathy Lien, Direktur Management BK Asset Management. Melihat dari, indikator pendahuluan NFP AS seperti indikator ADP, tidak ada alasan untuk meyakini bahwa angka NFP AS akan menguat pesat. Memang, Federal Reserve AS telah memberi harapan dengan mengungkap penguatan yang terjadi dalam sektor pertumbuhan lapangan kerja, namun perlu dicatat bahwa kenaikan klaim pengangguran juga perlu dipertimbangkan.

Analisis Lien senada dengan Junicihi Ishikawa, Analis Forex IG Securities yang dikutip oleh Reuters kemarin, bahwa kalaupun data NFP AS menguat, USD/JPY masih harus menghadapi halangan dari segi teknikal. Oleh karena itu, Dolar kemungkinan tidak akan mampu membentuk kemajuan yang lebih panjang meski data NFP AS terbukti menguat.

Pair terbaik hari ini masih diduduki oleh GBP/USD yang mendapat energi dari data aktivitas manufaktur Inggris kemarin. Sore ini, PMI konstruksi dilaporkan melompat hingga menjadi 49.2 dari sebelumnya yang hanya sebesar 45.9. Apiknya data PMI konstruksi Inggris ini juga menunjukkan bahwa kesehatan perekonomian pada sektor swasta Inggris mulai pulih. – Detik-Detik NFP | Equity world Futures