Equityworld Futures – Pemerintah Kota Makassar membahas rencana atraksi pesawat tempur TNI AU jenis Sukhoi pada kegiatan “Eight Festival International (F8)” yang akan digelar pada September 2016.

“Saya sudah meminta kepada Pangkoopsau AU II agar bisa menyertakan pesawat Sukhoi milik AU beratraksi di langit Makassar pada F8 nanti,” kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Senin.

Dia mengatakan permintaan untuk menampilkan atraksi Sukhoi itu langsung disampaikannya ke Pangkoopsau II AU Marsekal Muda TNI Dody Trisunu saat melakukan kunjungan silaturahmi ke rumah jabatannya di Jalan Sungai Lariang.

Danny Pomanto — sapaan akrab wali kota mengaku jika atraksi Sukhoi akan sangat menarik perhatian karena kegiatan kepariwisataan dan budaya yang dilakukannya itu akan menghadirkan banyak wisatawan domestik dan mancanegara.

“Kita berharap nanti ada atraksi Sukhoi karena ini kegiatan yang komplit dengan berskala internasional. Akan ada banyak mata yang melihatnya,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa F8 yang merupakan singkatan dari Film, Fashion, Food, Flowers, Fine Art, Folks, Fusion Jazz, Fiction Writer merupakan wadah untuk menyatukan potensi besar Makassar yang selama ini cenderung terpisah-pisah.

“Dengan demikian semua kekayaan yang kita miliki dikolaborasikan jadi satu dalam sebuah festival tahunan yang akan membawa manfaat besar bagi kota ini,” katanya.

Menurut dia, F8 adalah panggung besar Makassar sebagai upaya menyatukan pandangan dunia internasional terhadap kota ini, apalagi Makassar sudah mulai dikenal dunia.

Ia mencontohkan kesuksesan pelaksanaan Asean Mayor Forum (AMF) yang berhasil dilaksanakan di kota telah menjadi perbincangan di dunia luar dan tentunya Makassar mulai diperhitungkan dunia.

“Berkat AMF, kita bisa menjadi perhatian dunia, Apalagi kegiatannya sukses. Bahkan CNN sudah mengulas kegiatan AMF Makassar. Sebelumnya tidak ada,” tuturnya.

Karenanya, ia optimis jika pelaksanaan tahun ini sukses maka tahun depannya perhatian masyarakat dunia akan terpusat dan mau berdatangan ke Makassar menantikan kegiatan lanjutannya.

“Negara-negara Asean kita undang, kita juga akan menyampaikan ke negara-negara sahabat kita seperti Konjen Australia, Jepang, Amerika, dan Prancis,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Rusmayani Madjid membenarkan akan adanya atraksi Jet Tempur Sukhoi pada evan F8 nanti.

“Kami sudah kirim surat izin ke TNI AU agar Sukhoi bisa memeriahkan F8 dan ini juga adalah kegiatan positif,” pungkasnya. – Equity world Futures