Chicago (ANTARA News) – Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Senin (Selasa pagi WIB), karena investor mengambil keuntungan setelah kenaikan tiga sesi meskipun data ekonomi AS suram.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April turun 4,90 dolar AS, atau 0,40 persen, menjadi menetap di 1.208,20 dolar AS per ounce, lapor Xinhua.

Aksi ambil untung (profit taking) adalah ciri dari pasar pada Senin, menempatkan tekanan yang luas di logam mulia, analis mengatakan. Namun, data ekonomi AS yang suram mencegah emas jatuh lebih jauh.

Pendapatan pribadi, yang mencerminkan uang yang dikumpulkan dari upah, investasi dan bantuan pemerintah, meningkat 0,30 persen pada Januari, kata Departemen Perdagangan AS, Senin. Hal ini memberikan dukungan terhadap emas, tetapi tidak cukup untuk membatalkan tekanan dari aksi ambil untung.

Perak untuk pengiriman Mei turun 10,70 sen, atau 0,65 persen, menjadi ditutup pada 16,451 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 4,30 dolar AS, atau 0,36 persen, menjadi ditutup pada 1.189,90 dolar AS per ounce.

(T.A026)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2015