Financeroll – Emas berjangka beringsut lebih tinggi pada hari ini, karena beberapa investor mencari keselamatan logam mulia menjelang akhir pekan dan imbas krisis politik Ukraina yang belum berkesudahaan. 

Kontrak yang paling aktif diperdagangkan untuk pengiriman Juni baru-baru ini naik $ 3,80 atau 0,3 %, pada $ 1,291.50 per troy ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Krisis politik Ukraina telah memberikan dukungan untuk harga logam mulia dalam beberapa bulan terakhir, karena beberapa pedagang khawatir tentang eskalasi potensi ketegangan antara Kiev dan Moskow dan mencari keamanan yang dirasakan dari emas dan perak.

Beberapa investor lebih memilih untuk memegang logam mulia lebih havens karena nilai mereka tidak terkait dengan negara atau pemerintah dan harga bisa jadi lebih baik jika konflik geopolitik memanas.

“Putin terjebak antara mencoba untuk menjaga garis militer yang kuat dan ekonomi Rusia jatuh ke dalam krisis,” kata Adam Klopfenstein, ahli strategi pasar senior dengan Archer Financial Services LLC di Chicago.

Terpantau sejauh ini spot Emas menguat tipis 0.11% di level $1,2970.67per troy ons, setelah meraih titik tertinggi intraday di $1,294.04 dan level terendah hariannya di $1,288.13 per troy ons. [ry]