Equity World Futures – Saham di Tokyo turun diiringi kemerosotan pada produsen komoditas setelah harga minyak menurun, sementara investor menunggu pertemuan bank sentral dari AS dan Jepang pekan depan.

Saham Jepang memulai minggu ini pada penurunan menyusul laporan pekerjaan AS yang mengecewakan yang dirilis pada Jumat lalu. Sebuah pemulihan pada pertengahan minggu karena minyak mentah rally di atas $ 50 per barel, terkait ketidakpastian harga menjelang pertemuan kebijakan moneter minggu depan dari Bank of Japan (BOJ) dan Federal Reserve.

Indeks Topix turun 0,5 % ke level 1,330.72 pada penutupan perdagangan di Tokyo, mengakhiri minggu ini dengan kerugian 0,5 %. Indeks Nikkei 225 Stock Average melemah 0,4 % ke level 16,601.36. Yen diperdagangkan pada 107,09 per dolar setelah penguatan sebanyak 106,26 pada hari Kamis. Saham AS jatuh untuk pertama kalinya dalam empat hari terakhir, dengan Indeks S & P 500 lebih rendah dari level 10-bulan tertinggi, sementara minyak catat penurunan terbesar sejak 9 Mei lalu. (knc)