Equity World futures – Saham Jepang jatuh setelah Perdana Menteri Shinzo Abe mengecewakan investor kecewa dengan tidak memberikan rincian dari sebuah paket stimulus fiskal ketika ia mengumumkan penundaan peningkatan pajak penjualan.

Indeks Topix telah turun 0,8 persen menjadi 1,350.91 pada 09:01 pagi di Tokyo, memperpanjang penurunan 1,3 persen pada Rabu kemarin sesudah Abe menegaskan bahwa pajak penjualan akan tertunda. Nikkei 225 Stock Average kehilangan 0,9 persen menjadi 16,808.24. Yen diperdagangkan tepat pada 109,49 per dolar setelah menguat 1,1 persen kemarin.

Abe mengatakan bahwa dorongan untuk retribusi konsumsi akan di berlakukan  ditunda sampai Oktober 2019 dari April 2017 dan bersumpah untuk mengambil langkah-langkah “berani”  pada ekonomi disaat di musim gugur, tanpa memberikan informasi lebih lanjut. Harapan untuk paket stimulus baru meningkat sesudah surat kabar Nikkei melaporkan bahwa pemerintah akan menyediakan paket yang menghabiskan 10 triliun yen ($91 milyar), sedangkan pada surat kabar Yomiuri mengatakan bahwa perdana menteri akan mengungkap sebuah anggaran tambahan “besar”  pada suatu briefing di hari Rabu .(mrv)

Sumber: Bloomberg

By zefri
www.e-worldf.com