Equityworld Futures – Pair EUR/USD masih berada dibawah tekanan seiring dengan hasil referendum Inggris yang memenangkan Brexit. Hal tersebut memicu adanya ketakutan bahwa Brexit bisa jadi akan memberikan dampak terhadap perekonomian Uni Eropa dan Zona Euro.

Euro dan Brexit

 

Sebaliknya, mata uang safe haven seperti yen, Franc Swiss masih berlanjut mengalami kenaikan yang signifikan. Pada sesi perdagangan Eropa sore ini, pair EUR/USD berada dikisaran level harga rendahnya yaitu 1.103 per dolar AS, mengalami penurunan harga sebesar 0.74 persen.

Setelah melewati pekan suram karena hasil referendum yang sangat mengejutkan, saat ini pelaku pasar harus diahadapkan dengan prospek ketidakpastian bahkan ketidakberdayaan pemerintah yang bekuasa karena tidak ada rencana kontijensi jelas untuk menanggapi hasil referendum keanggotaan Inggris di Uni Eropa pekan lalu tersebut.

Menanti Kelanjutan Brexit

Hasil mengejutkan dari referendum Inggris hari Kamis lalu merupakan sesuatu yang belum dipersiapkan dengan benar sebelumnya oleh para investor karena diperkirakan hasil referendum tersebut akan memenangkan “Bremain”. Akibatnya, kondisi itu membuat pasar terguncang dan menyebabkan harga saham anjlok serta mendorong poundsterling mengalami penurunan tajam sebesar 11 persen menuju ke level rendahnya dalam 30 tahun.

Sementara itu, pelaku pasar juga menunggu pernyataan Presiden ECB, Mario Draghi yang dijadwalkan akan memberikan sambutannya dalam agenda acara Forum ECB pada diskusi yang bertemakan “The future of the international monetary and financial architecture” di Sintra, Portugal.

Sedangkan dari sisi dolar AS, adapun rilis data indeks PMI jasa di AS untuk bulan Juni. Diperkirakan data tersebut akan mengalami kenaikan tipis dari sebelumnya 51.3 menjadi 51.8. – Equity world Futures