London (ANTARA News) – Juara Wimbledon tujuh kali Roger Federer dan juara edisi 2013 Andy Murray melangkah ke semifinal Wimbledon yang kemudian diikuti petenis nomor satu dunia Novak Djokovic.

Federer yang menjadi unggulan kedua mencapai semifinal Wimbledon kesepuluhnya setelah menang 6-3, 7-5, 6-2 dari petenis Prancis unggulan 12 Gilles Simon, sedangkan Murray yang menjadi unggulan ketiga lolos ke semifinal Wimbledon keenamnya dengan mengakhiri perlawanan petenis non unggulan asal Kanada Vasek Pospisil 6-4, 7-5, 6-4.

Perempat lainnya adalah unggulan utama Djokovic melawan juara AS Terbuka Marin Cilic yang dimenangkan Djokovic 6-4, 6-4, 6-4, dan juara Prancis Terbuka Stan Wawrinka melawan Richard Gasquet dari Prancis yang dimenangkan Gasquet.

Federer (33) yang tengah berusaha menjadi petennis tertua yang menjuarai Wimbledon pada Era Terbuka, akan bermain pada semifinal Grand Slam yang ke-37 kalinya.

Dengan hanya 94 menit, Federer menang setelah melepaskan 11 ace dan 36 pukulan kemenangan dalam laga keenam yang dimenanginya dari total delapan kali pertemuannya dengan Simon yang sempat berharap mencapai babak empat besar turnamen besar untuk pertama kalinya.

Federer akan menghadapi Andy Murray yang untuk sementara dia ungguli dengan statistik 12-11. Namun Federer telah memenangi tiga pertemuan terakhir mereka.

Federer mengalahkan unggulan ketiga dari Inggris itu pada final Wimbledon 2012 sebelum Murray membalasnya tiga pekan kemudian pada final Olimpiade.

“Kami berdua ingin berbalik ke musim panas 2012. Andai saya tahu saya bisa menjuarai Wimbledon dan dia dengan Olimpiade, saya kira kami berdua akan meraih gelar sekarang. Saat itu adalah musim panas yang hebat,” kata petenis nomor dua dunia dan juara 17 kali turnamen besar.

Murray (28) mencatat kemenangan ke-150 dalam pertandingan Grand Slam untuk melangkah ke semifinal Grand Slam ke-17 bagi dia dan sekaligus keenam berturut-turut di Wimbledon.

“Saya sudah sering menghadapi Roger. Saya tahu sekali dia dan kami sama-sama tahu, namun jelas Jumat nanti cerita akan lain,” kata Murray. “Kami sudah memainkan pertandingan-pertandingan yang hebat di sini dan berharap pertandingan kali ini akan menjadi yang terhebat.”

Berburu untuk menjadi orang Inggris pertama yang dua kali juara Wimbledon sejak Fred Perry yang mengangkat trofi ini pada 1934-1936, Murray memperpanjang kemenangan beruntunnya di lapangan rumput dengan 10 laga.

Dengan akan ditonton David Beckham, Pangeran William dan istrinya Kate di Centre Court nanti, juara Grand Slam dua kali ini akan benar-benar diuji.

Sementara itu lawannya pada perempat final yang dikalahkannya, Pospisil, terlihat frustasi sampai harus menerim dua peringatan karena melewati batas waktu untuk melakukan serve. demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2015