Kairo (ANTARA News) – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia membidik wisatawan Arab Saudi yang belakangan ini jumlahnya mengalami peningkatan relatif signifikan.

Bekerja sama dengan KBRI Riyadh, penerbangan kebanggaan Indonesia itu ikut serta dalam ajang Pameran Wisata “Riyadh Travel Fair (RTF) 2015″ di ibu kota Kerajaan Arab Saudi untuk promosi wisata ke Indonesia, kata Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Riyadh Ahrul Tsani Fathurrahman, Senin.

Menurut Ahrul Tsani, keikutsertaan Garuda Indonesia dalam RTF itu dinilai cukup penting sebagai sarana memberi informasi bagi turis setempat ke Indonesia, yang pada tahun meningkat 25 persen.

Merujuk data Kementerian Pariwisata RI, Asrul mengemukakan bahwa jumlah turis Arab Saudi pada tahun 2014 tercatat 147.074 orang, meningkat 25 persen dari jumlah tahun sebelumnya sebanyak 117.761 orang.

“Melalui kegiatan pameran wisata pada ajang RTF 2015, jumlah tersebut diharapkan terus bertambah pada tahun-tahun mendatang,” tuturnya.

Pameran yang digelar empat hari, 14–17 April 2015, itu diikuti 200 perserta dari 50 negara. Selain Indonesia dan tuan rumah Arab Saudu, antara lain Malaysia, Yordania, Filipian, Belanda, dan Ethiopia.

Pesertanya dari berbagai perusahaan di sektor pariwisata mencakup jasa penerbangan, perhotelan, biro perjalanan, dan badan promosi.

Anjungan Indonesia seluas 24 meter persegi dalam pameran itu menampilkan berbagai media promosi wisata Indonesia, seperti flyer, standing banner, video, dan brosur wisata

Menurut data panitia penyelenggara RTF, jumlah pengunjung pameran berkisar 15.000 orang dan meningkat dari tahun sebelumnya tercatat 13.678 orang, umumnya warga setempat dari Riyadh dan berbagai kota lainnya.

Disebutkan, anjungan Indonesia sendiri setiap harinya ramai dikunjungi oleh para pengunjung, baik perorangan, keluarga, maupun agen perjalanan.

Di sisi lain, anjungan Indonesia setiap hari selama empat hari pameran menyediakan undian berupa tiket pesawat Garuda gratis untuk pengunjung ke Indonesia.

Undian hari pertama seorang warga Arab Saudi memperoleh tiket gratis dengan rute Jeddah-Lombok-Jeddah, hari kedua tiket untuk Jeddah-Surabaya-Jeddah, hari ketiga warga Saudi untuk tiket Jeddah-Medan-Jeddah, dan terakhir dimenangi oleh seorang warga Brazil dengan rute Jeddah-Jakarta-Jeddah.

Wisatawan asal Arab Saudi menyimpan potensi yang relatif sangat besar karena menurut data statistik dari The Tourist Information and Research Center diperkirakan terdapat empat juta warga Saudi berwisata ke manca negara.

Pengeluaran wisatawan Saudi di luar negeri ditaksir lebih dari 24 miliar Riyal atau sekitar 6,4 miliar dolar AS pada tahun 2014.

World Economic Forum (WEF) di sektor pariwisata mencatat Arab Saudi secara global menempati urutan pertama dari indeks 139 negara dalam hal pengeluaran wisatawan.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2015