Equityworld Futures – Jam 10:00 WIB – 11:00 WIB: pengumuman hasil awal referendum keanggotaan Inggris di Uni Eropa(Berdampak tinggi pada GBP, EUR, CHF, JPY dan XAU)
Diperkirakan 50% total suara telah selesai dihitung.

Jam 13:00 WIB – 14:00 WIB: pengumuman hasil akhir referendum keanggotaan Inggris di Uni Eropa(Berdampak tinggi pada GBP, EUR, CHF, JPY dan XAU)
Diperkirakan 100% total suara telah selesai dihitung.

Jam 15:00 WIB: indeks kepercayaan bisnis Jerman versi IFO bulan Juni 2016 (Berdampak tinggi pada EUR)
Indikator ini dirilis oleh IFO atau Information and Forschung, lembaga riset ekonomi di Munich dan merupakan think-tanks terbesar dan terpenting bagi perekonomian Jerman khususnya dan kawasan Eropa pada umumnya. Indeks dibuat dengan melakukan survey pada sekitar 7000 perusahaan dan pelaku bisnis di Jerman mengenai kondisi perekonomian saat ini (assessment of business situation) dan perkiraannya untuk 6 bulan kedepan (business expectations).

Indeks sentimen bisnis IFO ini merupakan indikator awal bagi pengeluaran untuk investasi baru atau ekspansi dan perekrutan tenaga kerja sehingga akan berdampak pada pertumbuhan. Indeks ini menggunakan angka 100 sebagai patokan. Indeks dibawah 100 berarti sentimen bisnis negatif dan diatas 100 sentimen bisnis positif.

Bulan Mei lalu indeks kepercayaan bisnis Jerman berada pada angka 107.7, lebih tinggi dari perkiraan yang 106.9 dan yang tertinggi dalam tahun ini akibat membaiknya sentimen pada sektor manufaktur, konstruksi, penjualan di tingkat wholesaler dan penjualan retail. Pada bulan Mei indeks current conditions naik dari 113.2 ke 114.2 dan indeks future expectations naik dari 100.5 ke 101.6. Untuk bulan Juni 2016 diperkirakan indeks IFO Jerman akan berada pada angka 107.6. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan EUR menguat.

Jam 15:30 WIB: data jumlah kredit pembelian rumah dari British Bankers’ Association (BBA) di Inggris bulan Mei 2016 (Berdampak medium pada GBP)
Data ini mengenai jumlah total applikasi kredit baru dari bank untuk pembelian rumah di Inggris yang sudah disetujui. Data yang dirilis oleh British Bankers’ Association (BBA) ini merupakan indikator awal bagi permintaan pasar perumahan di Inggris karena sebagian besar pembelian rumah di Inggris dilakukan melalui kredit dari bank. Selain itu data ini juga menunjukkan tingkat pengeluaran konsumen yang akan mempengaruhi inflasi di sektor perumahan.

Bulan April lalu jumlah total applikasi kredit baru mencapai 40,100, lebih rendah dari perkiraan 44,800 dan dan yang terendah dalam 6 bulan terakhir. Untuk bulan Mei 2016 diperkirakan jumlah applikasi kredit baru akan kembali turun ke angka 37,900. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan GBP.

Equityworld futures : Jam 19:30 WIB: data Durable Goods Orders AS

bulan Mei 2016 (Berdampak tinggi pada USD)
Meningkatnya order durable goods atau produk-produk tahan lama mencerminkan optimisme konsumen dalam investasi. Termasuk jenis ini adalah komputer, televisi, mobil hingga pesawat terbang. Penjualan barang-barang tersebut akan sangat berpengaruh pada produksi dan output, dan sangat sensitif terhadap perubahan kondisi ekonomi. Ada 2 rilis yaitu order Durable Goods inti (Core Durable Goods) yang tidak memasukkan produk sarana transportasi dan order Durable Goods total. Data DGO yang meningkat menunjukkan kepercayaan pasar pada trend pertumbuhan sektor manufaktur di AS. Indikator ini dinyatakan dalam persentase perubahan jumlah order dibandingkan bulan sebelumnya.

Bulan April lalu DGO total naik 3.4%, jauh lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.3% dan yang tertinggi dalam 3 bulan terakhir, sementara DGO inti bulan April naik 0.4%, juga yang tertinggi dalam 3 bulan terakhir dan lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.3%. Naiknya DGO total bulan April tersebut disebabkan oleh meningkatnya permintaan sarana transportasi. Untuk bulan Mei 2016 diperkirakan DGO total akan turun 0.5% (atau -0.5%) dan DGO inti akan kembali naik 0.1%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 21:00 WIB: indeks kepercayaan konsumen AS versi University of Michigan (UoM) bulan Juni 2016 (Final) (Berdampak medium-tinggi pada USD)
Data yang dirilis oleh University of Michigan (UoM) setiap bulan pada Jum’at terakhir ini mengukur kepercayaan konsumen terhadap kondisi bisnis dan keuangan di AS. Indeks kepercayaan konsumen UoM adalah salah satu yang selalu diperhatikan investor disamping indeks Conference Board (CB) Consumer Confidence.

Data ini dibuat berdasarkan survey terhadap 500 konsumen mengenai kondisi perekonomian AS saat sekarang dan waktu yang akan datang. Angka indeks ini dirilis dalam 2 versi dengan selang waktu 2 minggu, yaitu Preliminary dan Final atau revised. Indeks Preliminary dirilis lebih awal sehingga cenderung lebih berdampak, namun jika pada rilis selanjutnya terjadi revisi yang jauh dari perkiraan maka akan berdampak tinggi juga.

Indeks preliminary bulan Juni 2016 yang dirilis pada 10 Juni lalu menunjukkan angka 94.3, lebih tinggi dari perkiraan 94.1 tetapi lebih rendah dari indeks bulan Mei yang 94.7. Indeks consumer expectations turun dari 84.9 di bulan Mei ke 83.2 dan indeks current economic conditions naik dari 109.9 ke 111.7. Untuk indeks final bulan Juni 2016 diperkirakan akan sedikit turun ke angka 94.2. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 21:00 WIB: ekspektasi inflasi AS bulan Juni 2016 dari University of Michigan (UoM) (Berdampak medium pada USD)
Angka ekspektasi ini juga dirilis oleh UoM bersamaan dengan indeks kepercayaan konsumen. Ekspektasi dibuat berdasarkan survey terhadap 500 konsumen mengenai tingkat harga yang diharapkan untuk setahun yang akan datang. Dirilis 2 kali dalam sebulan, Preliminary dan Revised.

Ekspektasi inflasi bulan Mei 2016 lalu naik 2.4% atau +2.4%, terendah dalam 6 bulan terakhir. Untuk bulan Juni 2016 analis tidak memberikan perkiraan, namun jika hasil rilis lebih tinggi dari bulan sebelumnya (+2.4%) maka  akan cenderung mendukung penguatan USD. – Equity world Futures