Ibunda duo Bali Nine bawakan buku

Cilacap (ANTARA News) – Ibunda duo Bali Nine Andrew Chan dan Myuran Sukuraman membawakan buku-buku saat berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan Besi, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Senin.

Di Dermaga Wijayapura, Cilacap, tiga mobil pembawa rombongan keluarga duo Bali Nine memasuki halaman dalam tempat penyeberangan menuju Pulau Nusakambangan itu sekitar pukul 08.30 WIB.

Seluruh penumpang dari tiga mobil itu langsung masuk Pos Penjagaan Dermaga Wijayapura melalui pintu belakang sehingga tidak diketahui secara pasti siapa saja yang turut dalam rombongan tersebut.

Kendati demikian, saat mereka mengurus izin membesuk di Pos Penjagaan Dermaga Wijayapura, dari kejauhan tampak Helen Chan (ibunda Andrew Chan), Rajini Sukumaran (ibunda Myuran Sukumaran), dan Febiyanti Herewila (kekasih Andrew Chan) membawa beberapa tas.

Mereka didampingi Konsulat Jenderal Australia Majel Hind dan pengacara asal Australia Julian McMahon serta beberapa pria dan perempuan warga negara asing.

Sementara Chintu Sukumaran (adik Myuran Sukumaran) dan Michael Chan (kakak Andrew Chan) yang selama ini selalu memberikan keterangan kepada wartawan saat hendak menyeberang ke Nusakambangan, telah kembali ke Australia.

Saat menjalani pemeriksaan di Pos Penjagaan Dermaga Wijayapura, petugas tampak memeriksa barang-barang bawaan mereka.

Dari kejauhan, petugas tampak mengangkat barang-barang dari dalam tas, beberapa di antaranya berupa buku bacaan dan buku untuk melukis.

Buku-buku itu tampak dibuka satu per satu oleh petugas guna mengantisipasi kemungkinan ada barang terlarang yang terselip di dalamnya.

Setelah mengurus perizinan dan menjalani pemeriksaan di Pos Dermaga Wijayapura, rombongan keluarga itu segera menyeberang ke Pulau Nusakambangan dengan menumpang perahu “compreng” (perahu penumpang, red.) pada pukul 09.20 WIB.

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2015