Equityworld Futures – Harga emas hari Jumat (24/06) mengalami peningkatan tajam dan meroket ke level tingginya selama dua tahun pada sesi perdagangan siang ini.

bersamaan dengan hasil referendum Brexit yang menunjukkan bahwa Inggris akan keluar dari Uni Eropa. Saat berita ini ditulis, XAU/USD berada di kisaran level harga 1,313 dolar AS.

Harga Emas naik tajam

 

Pada Comex New York Mercantile Exchange, harga emas untuk pengiriman bulan Agustus mengalami kenaikan sebesar 4.43 persen persen menjadi 1.319 dolar AS per troy ons. Sedangkan perak futures untuk pengiriman bulan September naik dua persen ke 17.70 dolar AS per troy ons dan tembaga futures turun ke 2.104 dolar AS per pound, melandai sebesar 2.82 persen.

Pada sesi perdagangan kemarin, harga emas sempat melemah karena pelaku pasar berkspektasi bahwa kubu “Bremain” akan menang. Namun, pada sesi hari ini, harga emas sudah mengalami kenaikan sekitar delapan persen lebih dan kini berada di level tingginya sejak bulan Juli tahun 2014. Saat ini para investor lebih cenderung untuk memilih menjual seluruh aset berisiko tinggi dan mulai melarikan modal mereka ke aset lain seperti ke logam mulia emas.

Hasil Referendum Brexit

Rilis data resmi hasil referendum Brexit oleh Komisi Pemilihan Inggris mengarah pada keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Referendum tersebut menujukkan sekitar 52 persen suara (17,410,742) memilih untuk meninggalkan Uni Eropa dan sisanya yaitu 48 persen suara (17,410,742) memutuskan untuk tetap menjadi anggota Uni Eropa. Pada hasil referendum tersebut tercatat sebagian besar warga Skotlandia dan Irlandia utara memilih “Bremain”, sedangkan pada masyarakat wilayah Wales mayoritas pemilih memutuskan “Brexit”.

Sementara itu, BoE saat ini sedang memonitor perkembangan dan situasi lebih lanjut. Pihak BoE juga akan merencanakan serta bekerjasama dengan pihak kementerian keuangan Inggris serta otoritas lokal lainnya dan semua bank-bank di Inggris untuk mengambil langkah penting dalam rangka memenuhi tanggung jawabnya untuk menjaga stabilitas moneter serta kondisi keuangan.

Seperti yang sudah diketahui, logam mulia seperti emas akan dipandang sebagai aset safe haven selama terjadinya ketidakpastian dalam situasi politik dan keuangan. Kondisi tersebut membuat permintaan emas saat ini meningkat dan mendorong harga emas melambung. – Equity world Futures