Inggris pesta lima gol ke gawang San Marino

Inggris (ANTARA News) – Inggris pesta gol ke gawang San Marino dengan memasukkan lima gol tanpa balas dalam kualifikasi Piala Eropa di Wembley Stadium, Jumat, (10/10).

Lima gol Inggris dicetak oleh Jagielka (25′), Rooney (43′), Welbeck (49′), Townsend (72′), dan gol bunuh diru Alex Della Valle (78′).

San Marino bermain dengan tiga bek sentral dengan Alex Della Valle, pencetak gol bunuh diri melawan Inggris tahun lalu. Mereka juga kemasukan 26 gol dalam empat pertemuan dengan Inggris sebelumnya.

Menit 24 Inggris dihadiahi tendangan pojok dan Milner yang mengekseskusinya. Tendangan pojoknya dari kanan kemudian ditanduk Phil Jagielka di gawang yang kosong.

Cahill hampir menggandakan keunggulan Inggris. Berawal dari wasit yang menghadiahi Inggris tendangan bebas. Dan Milner mengeksekusinya, tetapi Cahill tak bisa meneruskannya menjadi gol.

Menit 42 Inggris diberikan penalti dan pemain Manchester United, Wayne Rooney mengincar pojok atas gawang San Marino dan tak bisa dijangkau Simoncini.

Tak lama setelah itu pluit babak pertama dibunyikan.

Babak kedua dimulai dengan pergantian dua pemain Inggris. Roy Hodgson mengganti Henderson dengan Chamberlain dan Sterling digantikan Lallana.

Empat menit setelah pergantian itu, Chamberlian memberi kontribusi dalam terciptanya gol ketiga Inggris.

Alex Oxlade-Chamberlain memberikan umpan kepada Welbeck dan bola kembali melewati Simoncini menit 49.

Setelah itu, tim Inggris seperti kesulitan untuk menembus pertahanan San Marino. Oxlade-Chamberlain yang bisa mendapat ruangan melesahkan tendangan, tetapi melebar.

Simoncini kembali melakukan penyelamatan di kotak pinalti setelah Wilshere melakukan tendangan chip.

Menit 62 Rooney kembali mencetak gol, tetapi dianulir oleh wasit.

Empat menit kemudian Welbeck digantikan Andros Townsend.

Tak perlu waktu lama untuk Townsend mencetak gol. Dia memotong dari kanan dengan tendangan kaki kirinya dan kedudukan berubah menjadi 4-0 berkat asis Chamberlain, menit 72.

Inggris kembali pesta gol enam menit kemudian, tetapi bukan berasal dari pemain Inggris. Pemain San Marino Alex Della Valle membuat gol bunuh diri dari umpan silang Chamberlain.

Hingga pluit babak kedua dibunyikan, Inggris menaklukan San Marino 5-0.

Berikut susunan pemain kedua tim seperti dilansir di uefa.com.

Inggris: Hart; Chambers, Cahill, Jagielka, Gibbs; Henderson, Wilshere, Milner; Welbeck, Rooney, Sterling.

San Marino:  Simoncini; Palazzi, F Vitaioli, Della Valle, Brolli, Battistini; Hirsch, Tosi, Chiaruzzi, M Vitaioli; Selva.

Penerjemah: Okta Antikasari

Editor: Desy Saputra