Equityworld Futures – Harga emas terpantau melemah di sesi Asia pada hari Selasa ini (23/08) dengan fokus pada prospek kenaikan tingkat suku bunga AS. Saat berita ini diturunkan, XAU/USD berada di kisaran level harga 1,337 dolar AS.

Harga Emas

 

Sementara itu, pada Comex New York Mercantile Exchange, harga emas futures untuk pengiriman bulan Desember turun sebesar 0.10 persen ke level harga 1,342 dolar AS per troy ons. Sedangkan harga perak futures untuk pengiriman bulan Desember ke level harga 18.94 dolar AS per troy ons, naik sebesar 0.40 persen dan harga tembaga futures untuk pengiriman bulan Desember menjadi diperdagangkan di level harga 2.158 dolar AS per pound.

Selama sesi perdagangan Senin malam kemarin, harga emas menunjukkan penurunan ditengah-tengah adanya indikasi kemungkinan the Fed akan segera menaikkan tingkat suku bunganya pada bulan September nanti. Peluang untuk kenaikan suku bunga AS jangka pendek tersebut terlihat setelah Dewan Gubernur the Fed, Stanley Fischer menuturkan bahwa sektor ketenagakerjaan dan tingkat inflasi AS hampir mendekati target the Fed.

Komentar Para Petinggi The Fed

Pidato Stanley Fischer ini merupakan komentar terbaru dari pejabat penting the Fed yang cenderung hawkish. Sebelumnya, Presiden the Fed San Francisco John Williams, Wakil Ketua the Fed William Dudley dan Presiden the Fed Atlanta, Dennis Lockhart menyatakan, kenaikan tingkat suku bunga pada bulan September nanti bisa jadi akan terjadi.

Sementara itu, sebagian besar pelaku pasar kini masih berfokus pada pidato ketua the Fed, Janet Yellen di acara pertemuan tahunan bank sentral dan ekonom dunia di Jackson, Wyoming, minggu ini. Selain itu, para investor juga melanjutkan fokus mereka pada laporan data perekonomian AS untuk mengetahui apakah kondisi ekonomi disana sudah dirasa cukup kuat apabila the Fed menaikkan suku bunganya.

Seperti yang sudah diketahui bahwa logam mulia emas sensitif terhadap pergerakan tingkat suku bunga AS. Selain itu, penguatan mata uang dolar AS akan membebani harga emas karena membuat harga emas menjadi mahal bagi pemegang mata uang lain selain dolar AS. – Equityworld Futures