Investor Tunggu Rapat FOMC | Equityworld Futures – Harga emas pada hari Jumat (03/06) terpantau melandai seiring dengan para investor yang mewaspadai pandangan akan kenaikan suku bunga AS oleh the Fed bulan ini. Saat berita ini ditulis, XAU/USD diperdagangkan pada kisaran level harga 1,210 dolar AS.

harga emas turun

Sedangkan pada Comex New York Mercantile Exchange, emas futures untuk pengiriman bulan Agustus turun tipis sebesar 0.04 persen menjadi 1,212 dolar AS per troy ons. Sementara itu, perak futures untuk pengiriman bulan Juli mengalami penurunan ke 15.98 dolar AS per troy ons, turun sebesar 0.28 persen dan tembaga futures naik 0.10 persen ke 2.072 dolar AS per pound.

Pada sesi perdagangan sebelumnya, harga emas mengalami penurunan tipis ditengah- tengah flatnya dolar AS sejalan dengan ECB serta OPEC menutup rapat mereka hari Kamis kemarin tanpa merubah arah kebijakan apapun.

Logam mulia emas kini menuju ke bulan terburuknya di sepanjang tahun 2016 ketika sebelumnya harga emas turun lebih dari lima persen. Kondisi tersebut disebabkan oleh para pelaku pasar yang mencerna adanya indikasi kuat dari terjadinya kenaikan suku bunga AS jangka pendek bulan Juni oleh bank sentral AS. Meskipun demikian, harga emas masih naik sampai dengan 14 persen sejak awal tahun 2016.

Menanti Rapat FOMC
Pada tiga rapat terakhir FOMC beberapa waktu lalu, FOMC tetap membiarkan tingkat suku bunga AS di level antara 0.25 sampai 0.50 persen. Sedangkan di bulan Desember tahun 2015, FOMC meninggalkan kebijakan tingkat suku bunga nol yang sudah berlangsung selama tujuh tahun untuk pertama kalinya.

Disamping itu, adapun kin para investor sedang menanti hasil rapat FOMC tanggal 14-15 Juni mendatang untuk mengetahui keputusan terkait kenaikan suku bunga AS jangka pendek.

Seperti yang sudah diketahui bahwa setiap adanya kenaikan suku bunga AS oleh the Fed akan membuat emas cenderung turun (bearish). Selain itu, keputusan FOMC untuk menaikkan suku bunga juga akan menyebabkan emas harus bertahan ditengah-tengah lebih menariknya aset berimbal balik bunga ketimbang logam mulia tersebut. – Investor Tunggu Rapat FOMC | Equity world Futures