Equityworld Futures – Bank Sentral New Zealand (RBNZ) mengatakan bahwa pemotongan suku bunga mungkin dilakukan jika inflasi terus berada di bawah target. Dalam update penilaian ekonomi luar biasa yang dirilis pada Kamis (21/Juli) pagi tadi, bank sentral tersebut menyatakan bahwa perekonomian New Zealand sedang lesu, mata uang harus dilemahkan, dan kencangnya migrasi berimbang dengan lemahnya harga produk olahan susu (dairy).

gubernur_bank_sentral_new_zealand
Suku bunga New Zealand, yang disingkat dengan istilah OCR, saat ini berada pada level 2.25 persen dan kemungkinan akan dipotong pada bulan Agustus dan November. Jika demikian, maka kredit rumah akan lebih murah, untuk menangani hal ini, RBNZ telah melakukan penyesuaian peraturan properti pada hari Selasa lalu.

RBNZ Butuh Pelonggaran Lagi

“Inflasi harga rumah masih berlebihan dan makin merata di setiap daerah, (kondisi ini) menambah kekhawatiran tentang stabilitas finansial kata Gubernur Graeme Wheeler. “Bank Sentral saat ini sedang mengupayakan langkah kebijakan makro yang bertujuan untuk meminimalkan risiko terhadap stabilitas finansial dari boom harga rumah.”

Di samping itu, RBNZ juga menyinggung masalah nilai tukar Dolar New Zealand yang lebih tinggi 6 persen daripada ekspektasi pada bulan Juni, dan menambah tekanan pada sektor produksi susu, manufaktur, dan inflasi. “Hal ini membuat bank sentral sulit untuk mencapai tujuan inflasi. Sehingga, penurunan nilai tukar diperlukan.”

Wheeler mengatakan outlook inflasi yang pada bulan Juni hanya mencapai 0.4 persen, lebih lemah daripada ekspektasi RBNZ pada bulan Juni. Hal inilah yang membuat kebijakan moneter RBNZ harus tetap akomodatif dan kemungkinan pelonggaran lebih akan dibutuhkan agar rata-rata inflasi tetap tak jauh dari rentang target.

NZD/USD melorot 0.64 persen pasca laporan RBNZ dirilis dan diperdagangkan di angka 0.6977. Namun saat berita ini ditulis, pair tersebut tampak pulih dan kembali meniti kenaikan menuju angka 0.6984. Sebelum update ekonomi RBNZ dirilis, NZD/USD berada pada posisi 0.7025. – Equity world Futures