Jelang Rilis Data Amerika Serikat | Equityworld Futures – Harga minyak mentah berjangka terpantau beragam di sesi perdagangan Asia Kamis pagi ini (9/8) setelah estimasi persediaan minyak Amerika Serikat dilaporkan mengalami penurunan dalam jumlah besar. Harga minyak mentah untuk pengiriman bulan Oktober di NYMEX turun sekitar 0.3% ke kisaran $46.27 per barel, sedangkan minyak Brent untuk pengiriman bulan November di ICE Futures Exchange London naik sekitar 0.3% ke harga $48.70an per barel.

Harga Minyak – ilustrasi

Lembaga American Petroleum Institute (API) melaporkan indikasi adanya penurunan persediaan minyak di AS sebanyak 12.1 juta barel, meski sebelumnya diestimasikan terjadi peningkatan. Persediaan hasil distilasi meningkat 900,000 barel, tetapi angka itu kurang signifikan jika dibandingkan dengan persediaan gasolin yang juga berkurang 2.3 juta barel setelah pekan lalu diberitakan berkurang 1.6 juta barel.

Menjelang rilis data resmi dari US Energy Information Administration yang bakal dipublikasikan nanti malam, laporan API tersebut menumbuhkan harapan pelaku pasar akan kemungkinan penurunan persediaan AS setelah meningkat dua pekan berturut-turut.

Sementara itu, trader juga masih terus menimbang prospek pembekuan produksi minyak pada pertemuan informal OPEC di Aljazair tanggal 26-28 September mendatang. Awal pekan ini harga minyak sempat reli pasca tercapainya kesepakatan antara Arab Saudi dan Rusia untuk bekerjasama menopang pasar minyak, tetapi langsung anjlok di hari berikutnya setelah kedua belah pihak menolak memaparkan langkah konkrit apa yang akan diambil.

Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh berjumpa dengan Sekertaris Jenderal OPEC Mohammed Barkindo di Teheran pada hari Selasa di mana ia menyatakan siap mendukung kebijakan apapun untuk menstabilkan harga minyak mentah pada kisaran $50-60 per barel. Akan tetapi, para pakar tetap pesimis kalau pertemuan tersebut bakal membuahkan hasil. Apalagi, disinyalir pembekuan produksi bakal ditunda hingga pertemuan resmi OPEC berikutnya pada bulan November.