equityworld-futures –

Manado (ANTARA News) – Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyatakan pembangunan Jembatan Soekarno di Manado, Sulawesi Utara, akan selesai 2015.

“Jembatan Soekarno selesai tahun depan dan bisa langsung dimanfaatkan masyarakat Sulawesi Utara,” kata Djoko Kirmanto di Manado, Minggu.

Djoko mengatakan pembangunan jembatan tersebut akan selesai tahun depan sesuai target Kementerian PU.

Djoko Kirmanto mengatakan bagian yang belum diselesaikan tinggal 29 meter, sedangkan yang lainnya sudah selesai dikerjakan, tinggal menunggu penyambungan saja, maka jembatan tersebut akan rampung.

“Kini pengecoran badan jalan atau landasanya, dan diperkirakan selesai awal Januari 2015 dan sisanya tinggal penyelesaian akhir saja,” katanya.

Kirmanto mengakui penyelesaian jembatan tersebut menghadapi berbagai kendala, namun bisa diatasi dan kini tinggal menunggu penyelesaiannya untuk dikerjakan.

Ia pun yakin dengan selesainya jembatan tersebut, maka perekonomian Sulawesi Utara khususnya Manado akan makin bergeliat, karena ada mobilitas penduduk jadi makin lancar sehingga akses ke pusat-pusat ekonomi lebih cepat.

Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan yang ikut melihat mengatakan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Kementerian PU, sebab sangat berarti bagi seluruh warga Manado, apalagi menghubungkan ke pusat ekonomi.

“Jika selesai awal tahun depan, tentu dampak positifnya akan sangat terasa oleh seluruh warga Manado, khususnya yang ada di Tuminting, Bunaken dan Singkal yang selalu memerlukan waktu lama untuk mengakses pusat ekonomi,” katanya.

Ia mengatakan, kiranya warga Manado akan semakin siap menghadapi kemajuan, dan jembatan Soekarno akan menjadi pendukung, karena menjadi infrastruktur inti dan tidak boleh tertunda lagi.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2014