Kendari (ANTARA News) – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan raihan anugerah Adipura Kencana menjadi bukti keberhasilan pemimpin daerah di bidang kebersihan lingkungan.

“Sehingga raihan anugerah Adipura Kencana dalam kebersihan lingkungan dapat menjadi nilai tambah bagi pemimpin petahana atau kepala daerah yang ikut atau ingin dalam pemilihan kepala daerah (pilkada),” kata JK dalam sambutan penyerahan penghargaan Adipura di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (23/11) malam.

Wapres yakin, piala yang didapat oleh suatu daerah yang meraih anugerah Adipura dan Adipura Kencana akan diarak keliling kota dan menjadi sarana kampanye yang baik tentang keberhasilan membangun lingkungan.

“Hal yang paling penting lagi, setiap yang pegang Piala Adipura ini apabila ingin ikuti Pilkada pasti kesempatannya besar dapat memang pemilu atau pilkada,” kata Wapres.

JK berharap kepada bupati atau wali kota yang belum mendapat, agar berusahalah mendapat pada tahun-tahun depan agar dalam Pilkada mendapat bahan kampanye.

“Karena dengan mendapat penghargaan tersebut, maka pihak lawan dalam pilkada akan susah mengkritik keberhasilan pemimpin petahana dalam menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Wapres Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan Adipura Kencana kepada tiga kota yaitu Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur untuk kategori kota metropolitan, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur kategori kota besar dan Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara kategori kota sedang.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2015