Jakarta (ANTARA News) – Juventus melaju ke final usai menahan seri Real Madrid 1-1 (agregat 3-2) pada leg kedua semifinal Liga Champions di Santiago Bernabeu, Kamis dini hari Wib.

Skor imbang 1-1 tercipta berkat gol penalti Ronaldo dan Alvaro Morata untuk Juventus. Sebelum laga leg kedua dimulai, Juventus berbekal kemenangan 2-1 di leg pertama berkat gol Alvaro Morata dan Carlos Tevez.

Juventus kembali ke final Liga Champions setelah 12 tahun lalu mencapai partai puncak namun dikalahkan AC Milan melalui babak adu penalti.

Klub berjuluk Si Nyonya Tua akan bertemu Barcelona di partai final yang akan digelar di Berlin pada 6 Juni 2015

Jalannya Laga

Real Madrid membuka asa setelah Ronaldo mencetak gol melalui titik putih akibat pelanggaran Chiellini terhadap James Rodriguez di kotak terlarang pada menit 21.

Serangan balik yang dibangun Benzema nyaris menggandakan kedudukan Real Madrid namun Ronaldo yang berdiri bebas setelah menerima umpan Benzema gagal memaksimalkan menjadi gol di mneit 29.

Ronaldo yang menerima umpan panjang Bale dari tengah lapangan nyaris membukukan gol, sayang tendangannya masih melebar. Skor 1-0 keunggulan Real Madrid (agregat 2-2) bertahan hingga jeda babak pertama.

Pada babak kedua, Juventus mencetak gol penyeimbang melalui sepakan mantan pemain Madrid, Alvaro Morata, memaksimalkan situasi kemelut di mulut gawang Casillas.

Juventus memiliki peluang emas ketika Marchisio berhadapan dengan Casillas, sayang tendangannya lemah sehingga terbaca oleh Casillas di menit 69.

Sundulan Bale setelah menerima umpan lambung Ronaldo pun masih melambung tipis di atas mistar gawang Buffon pada menit 71.

Pada 15 menit menjelang laga usai, peatih Juventus mengubah taktik dengan menggantikan Pirlo dengan Barzagli yang berposisi sebagai bek.

Strategi ini membuat Juventus bertahan total dengan lima pemain bertahan yang membuat Madrid kian kesulitan menembus gawang Buffon sehingga skor 1-1 tidak berubah sampai laga berakhir.

Berikut susunan pemain Real Madrid dan Juventus:

Real Madrid (4-3-3): Casillas; Carvajal, Ramos, Varane, Marcelo; Isco, Kroos, James; Bale, Benzema (Chicarito), Ronaldo

Juventus (4-3-1-2): Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Chiellini, Evra; Marchisio, Pirlo (Barzagli), Pogba (Pereyra); Vidal; Tevez, Morata (Llorente)

Skor: Real Madrid 1 – 1 Juventus
Gol: Ronaldo (pen) 23 – Moratta 57

Wasit: Jonas Eriksson (Swedia)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2015