Kadin apresiasi setahun kinerja Jokowi-JK

Jakarta (ANTARA News) – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengapresiasi satu tahun kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla karena dapat menyentuh permasalahan dalam dunia usaha.

“Dari paket-paket kebijakan yang sudah dikeluarkan pemerintah, saya rasa sudah cukup menyentuh permasalahan dunia usaha, sudah cukup menjawab harapan, aspirasi bidang usaha, misalnya mencakup kebijakan debirokratisasi, deregulasi, juga membantu usaha menengah kecil,” ujar Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Rabu.

Kondisi ekonomi yang dihadapi pemerintah kini, ujar dia, sangat berat dengan melemahnya perekonomian dunia, menurunnya harga komoditas serta menguatnya perekonomian AS.

Untuk itu, menurut dia, dalam kondisi perekonomian dunia yang sulit seperti sekarang, kinerja pemerintah dalam bidang ekonomi tidak dapat diharapkan akan maksimal.

“Jadi memang kondisi lingkungan yang dihadapi memang berat. Jadi kalau mengharapkan kinerja ekonomi maksimal saya kira tidak tepat dalam konteks menghadapi perekonomian dunia yang sulit,” tutur Suryo.

Meski begitu, ia mengatakan yang penting untuk menghadapi permasalahan tersebut adalah langkah-langkah dan strategi jangka menengah pemerintah agar ekonomi menjadi kuat lagi serta implementasi kebijakan yang tepat sasaran.

Terkait paket kebijakan ekonomi jilid lima yang segera diluncurkan pemerintah, Suryo berharap agar paket kebijakan tersebut menambah daya saing usaha di Indonesia.

“Harapan dunia usaha untuk paket kebijakan sederhana, kami ingin diturunkan pajak, bunga bank turun, likuidasi dilonggarkan. Ini yang kita belum lihat di paket kebijakan sebelumnya. Mudah-mudahan pemerintah memikirkan itu juga. Hal-hal itu ada kaitannya dengan daya saing kita,” kata dia.

Menurut dia, biaya produksi yang mahal merupakan salah satu hal yang menyebabkan produk Indonesia kurang bisa bersaing dengan negara lain.

Sementara itu, pemerintah segera meluncurkan paket kebijakan jilid lima agar perekonomian Indonesia semakin berdaya saing dalam kompetisi global.

Dengan paket kebijakan tersebut, diharapkan Indonesia mampu bersaing dengan negara lain, misalnya Vietnam dan India yang mengalami pertumbuhan ekonomi sangat cepat.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2015