Equityworld Futures – LKBN Antara Biro Riau peroleh penghargaan karena peran sertanya mendukung operasi siaga darurat penanggulangan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan 2016 di Provinsi Riau.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Pemerintah provinsi setempat melalui Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, di Pekanbaru, Selasa.

“Ini merupakan ucapan terimakasih kami kepada instansi vertikal, horizontal dan insan pers yang telah memberikan konstribusi dalam upaya penanggulangan dan pencegahan karhutla,” kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Ruang Melati Kantor Gubernur, Kota Pekanbaru.

Penghargaan diserahkan langsung oleh gubernur didampingi Kapolda Riau Irjen Zulkarnain, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau Edward Sanger, Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Nurendi dan Direktur Pengendalian Karhutla Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Raffles Brotestes Panjaitan.

LKBN Antara menjadi satu-satunya perusahaan pers pelat merah yang menyajikan informasi terdepan peristiwa Karhutla sepanjang 2016 ini dengan meraih tiga penghargaan dari Pemprov Riau untuk kategori AntaraFoto, AntaraTV serta LKBN Antara.

Perusahaan Umum LKBN antara merupakan kantor berita yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Perum LKBN Antara merupakan BUMN yang diberikan tugas oleh Pemerintah untuk melakukan peliputan dan penyebarluasan informasi yang cepat, akurat, dan penting ke seluruh wilayah Indonesia dan dunia internasional.

Selain Antara, penghargaan kemudian diberikan kepada Kompas TV, Harian Tribun Pekanbaru, GoRiau, Harian Riau Pos, Detik.com serta pers lainnya.

Lebih lanjut, Gubernur menekankan peran media sebagai sarana dalam penyampaian informasi kepada seluruh lapisan masyarakat harus berpatokan pada informasi yang akurat serta berimbang. Terkhusus untuk Karhutla, ia mengapresiasi dukungan pers yang telah menyampaikan informasi sesuai dengan kondisi riil yang terjadi.

“Media dalam menyampaikan informasi apa adanya, dukungan ini sangat diperlukan,” sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, BPBD Provinsi Riau memberikan penghargaan kepada BPBD terbaik se-Riau atas kinerjanya menanggulangi dan mencegah bencana sepanjang 2016.

Berikut daftar BPBD penerima penghargaan dalam acara refleksi pelaksanaan Pusdalkarhutla tahun 2016 Kabupaten Pelalawan penerima penghargaan aktivasi posko banjir dan longsor, Indragiri Hulu penerima penghargaan respon cepat penanganan bencana banjir, Rokan Hilir penerima penghargaan aktivasi posko karhutla, Kampar penerima penghargaan dapur umum.

Selanjutnya, Rokan Hulu pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi bencana, Indragiri Hilir penerima penghargaan Pembentukan desa tangguh bencana, Siak penerima penghargaan pembentukan relawan, Pekanbaru penerima penghargaan penanganan kebakaran pemukiman.

Kemudian, Bengkalis penerima penghargaan perencanaan penanggulangan bencana, Kepulauan Meranti penerima penghargaan Pusat data dan informasi, Dumai penerima penghargaan Pemberdayaan masyarakat penanggulangan bencana.

Equityworld Futures