Jakarta (ANTARA News) – Juara bertahan Liga Champions, Real Madrid, lolos ke perempat final turnamen ini kendati kalah 3-4 pada leg kedua babak 16 besar turnamen ini melawan wakil Jerman Schalke 04 karena unggul agregat 5-4 berkat kemenangan 2-0 paga leg pertama dua pekan lalu.

Babak pertama pertandingan leg kedua 16 Besar Liga Champions di Estadio Santiago Bernabéu, Rabu dini hari WIB, antara tuan rumah Real Madrid dan Schalke 04 sempat sama kuat 2-2.

Schalke yang butuh kemenangan untuk membalas kekalahan di kandang sendiri pada leg pertama langsung menekan dan mengonversi ofensifnya dengan sebuah gol dari Christian Fuchs pada menit 20.

Gol ini diawali tusukan berbahaya Max Meyer yang kemudian dimaksimalkan Fuchs dengan tendangan keras yang tak bisa dijangkau Iker Casillas.

Namun lima menit kemudian, pada menit 25, Cristiano Ronaldo menyamakan kedudukan untuk Real Madrid. Ini adalah gol ke-74 Ronaldo pada Liga Champions, usai menyambut bola dengan sundulan yang memperdaya Timon Wellenreuther, seperti dia lakukan pada leg pertama.

Schalke kembali menciptakan gol pada menit 40 ketika Klaas Jan Huntelaar melepaskan tendangan keras dari jarak jauh. Tendangan mantan striker Real Madrid ini tak bisa dihalau Casillas kendati sebelum itu dia sukses menahan tendangan Meyer dari tepi kotak penalti.

Tepat pada menit 45 Ronaldo kembali menyamakan kedudukan ketika dia muncul tiba-tiba di belakang Joel Matip untuk menanduk bola melewati jangkauan Timon Wellenreuther, untuk ketiga kalinya dalam dua laga kedua tim.

Gol ini membuatnya menyamai rekor 75 gol Lionel Messi pada Liga Champions, sekaligus melampaui rekor 77 gol Raul Gonzales di kancah Eropa.

Kedudukan 2-2 ini bertahan sampai akhir babak pertama. Dan babak kedua pertandingan bertambah seru dan memikat dengan kedua tim tampil ofensif, terutama tim tamu.

Pada menit 53, giliran Karim Benzema yang kali ini membawa Real Madrid unggul 3-2.  Dengan cantik dia memperdaya para bek Schalke di dalam kotak penalti sebelum dengan jeli memasukkan bola ke gawang klub Bundesliga tersebut.  Ini adalah ke-20 Benzema selama musim ini.

Tetapi hanya empat menit dari gol Benzema, Schalke yang juga tampil luar biasa, menyamakan kedudukan menjadi 3-3 setelah pemain pengganti Leroy Sane menciptakan gol dalam debutnya pada turnamen Eropa ini lewat tendangan kaki kiri dari tepi kotak penali yang mengecoh Casillas.

Schalke yang memiliki tugas berat menang dengan selisih dua gol tidak menyerah dan terus menyerang balik tuan rumah hingga beberapa kali merepotkan barisan belakang Madrid.

Pergerakan apik dan tusukan dari duo Leroy Sane dan Max Meyer sempat merepotkan Casilas, namun tendangan Roman Neustadter dengan pasti dijinakkan Casillas.

Namun tujuh menit dari itu, pada menit 84, Huntelaar kembali menciptakan gol sekaligus menjadi penentu kemenangan Schalke pada leg kedua ini. Bola keras hasil tendangan Huntelaar menyusul pelanggaran Luka Modric ini tak bisa ditahan Casilas.

Kini Schalke butuh satu gol lagi untuk maju ke perempat final Liga Champions musim ini.

Casillas terus dipaksa melakukan penyelamatan gemilang, salah satunya saat menghadang sundulan maut Klaas-Jan Huntellar, tepat saat waktu normal habis.

Schalke tak berhasil menambah gol dengan tetap memenangkan laga leg kedua ini, namun harus merelakan kemenangan spektakulernya dari Madrid ini dengan tiket perempat final tetap untuk Madrid yang dalam kurang satu pekan ini menelan dua kekalahan.

Madrid pun melaju ke perempat final dengan agregat 5-4.

Berikut susunan kedua tim seperti dikutip laman UEFA.

Real Madrid: Iker Casillas, Raphael Varane, Pepe, Fabio Coentrao (Marcelo), Alvaro Arbeloa (Nacho), Sami Khedira (Luca Modric), Toni Kroos, Isco, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Gareth Bale

Schalke 04: Timon Wellenreuther, Benedikt Howedes, Matija Nastasic, Joel Matip, Maximilian Meyer,  Marco Hoger,  Christian Fuchs, Tranquillo Barnetta (Atsuto Uchida), Roman Neustadter (Leroy Sane), Maxim Choupo-Moting, Klaas Jan Huntelaar

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2015