Equityworld Futures – Puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Malang, Jawa Timur, yang tergabung dalam organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), menggalang dana untuk meringankan beban korban bencana gempa di Aceh, Minggu.

Penggalangan dana tersebut digelar selama dua hari, Minggu dan Senin (12-13/12) di sejumlah titik keramaian, seperti di area car free day di Jalan Ijen, di sepanjang jalan protokol kawasan Dinoyo hingga di depan Masjid AR Fachrudin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Menurut Sekretaris Bidang Hikmah IMM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) IMM, Rachmad Hidayat, seluruh anggota IMM se-Indonesia sudah menggalang dana sejak beberapa hari lalu.

“Di Malang, perwakilan dari 22 komisariat turun ke beberapa titik keramaian seperti Alun-alun Kota Malang, pertigaan Dinoyo, car free day, perlimaan ITN, dan di depan masjid UMM,” urainya.

Dan, khusus hari ini (Minggu, 11/12), IMM FISIP UMM mendapat tugas menggalang dana di depan Masjid UMM dengan harapan mendapatkan dana cukup besar karena setiap Ahad pagi, mahasiswa UMM ramai mengikuti kuliah pagi di masjid. “Hasil galang dana ini akan kita kirim langsung ke Aceh. Teman-teman kami dari IMM juga ada yang turun langsung ke Aceh,” ujarnya.

Rachmad mengajak seluruh organisasi dan mahasiswa untuk ambil bagian membantu warga Aceh yang tertimpa musibah. “Kita semua sesama muslim, khususnya kader Muhammadiyah, hal ini sudah menjadi tanggung jawab kami. Selain bersimpati, marilah kita wujudkan bentuk praktik simpati itu juga,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Umum Pimpinan Cabang IMM Malang Raya, Zul Fahmi mengemukakan serangkaian aksi kemanusiaan yang dilakukan seluruh anggota IMM Cabang Malang raya ini sebagai bentuk respons IMM terhadap bencana kemanusiaan yang terjadi belakangan ini, seperti upaya pemusnahan massal terhadap etnis Rohingnya di Myanmar, bencana banjir di Lamongan dan Bojonegoro, serta bencana gempa bumi yang terjadi Aceh.

Aksi yang dimobilisasi IMM Malang raya itu berhasil menggalang dana dari masyarakat sebeesar Rp15.168.700. Nantinya, uang yang terkumpul akan disalurkan melalui Lembaga Amil dan Zakat Muhammadiyah (Lazizmu) Nasional, yang selanjutnya didistribusikan ke beberapa daerah yang terkena dampak bencana.

Selain penggalangan dana, aksi ini juga diisi dengan orasi-orasi singkat oleh kordinator lapangan dan perwakilan kader IMM. “IMM Cabang raya mengucapkan terima kasih atas respons positif dari warga terhadap aksi kemanusiaan yang kami lakukan serta mengajak seluruh lapisan masyarakat Malang raya untuk bersatu padu menuntaskan masalah kemanusiaan,” paparnya. – Equity World