equityworld-futures – Jakarta (ANTARA News) – Meski finish di tempat kedua di belakang racer Yamaha Jorge Lorenzo, pebalap muda Marc Marquez dari Honda memastikan gelar juara dunia keduanya di MotoGP Motegi, Jepang, Minggu.

Marquez yang start di posisi keempat di belakang Andre Iannone (Pramac Racing), melaju cepat melewati rider Ducati itu dan mengklaim tempat kedua mengungguli sang veteran Valentino Rossi yang finish ketiga.

Marquez sudah berusaha untuk melewati Lorenzo, namun pebalap Yamaha itu merespons dengan mengeakselerasi tunggangannya, dan Marquez finish di tempat kedua.

Hasil di Montegi tersebut memastikan Marquez merebut gelar juara dunia MotoGP keduanya, dengan menyisakan tiga balapan lagi pada musim ini.

Dalam balapan hari ini, Lorenzo finish terdepan dengan menyelesaikan race dalam waktu 42 menit 21,259 detik, diikuti Marquez yang melintas garis finish 1,638 detik lebih lambat di belakangnya.

Valentino Rossi yang pada kualifikasi Sabtu menempati posisi start kedua, menuai hasil cukup bagus dengan mengakhiri balap di tempat ketiga dan naik podium.

Rossi finish dengan catatan waktu 2,602 detik lebih lambat dari rekan setimnya Jorge Lorenzo yang melaju paling depan.

Tempat keempat direbut Dani Pedrosa, pebalap Spanyol dari tim Repsol Honda, dan Andre Dovizioso yang start paling depan justru finish di tempat kelima.

Bagi Marquez, meskipun masih ada tiga balapan tersisa musim ini, ia telah memastikan gelar juara dunia MotoGP tahun ini dengan bekal poin 312.

Sementara pada posisi kedua klasemen, Valentino Rossi masih harus bersaing ketat dengan Dani Pedrosa yang mengantongi nilai sama 230, dan Jorge Lorenzo yang hanya terpaut tiga poin dengan 227, demikian mengutip laman resmi MotoGP.

Editor: Suryanto