Jakarta (ANTARA News) – Menantu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Siti Ruby Aliya Rajasa, tampak duduk di deretan paling belakang kubu pendukung calon presiden Prabowo Subianto saat debat capres berlangsung di Hotel Gran Melia Jakarta, Minggu malam.

Sementara itu besan Presiden Yudhoyono, yang mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden pendamping Prabowo, Hatta Rajasa duduk di barisan paling depan menyimak jalannya debat.

Selain itu tampak pula mantan istri Prabowo, Siti Hediati Hariyadi Soeharto, yang mengenakan atasan batik berwarna cokelat duduk sebaris dengan Hatta dan Oke Rajasa.

Sedangkan di kubu Joko Widodo tampak hadir cawapresnya Jusuf Kalla yang hadir tanpa didampingi sang istri Mufidah Kalla.

Istri Joko Widodo, Iriana, dan anak-anaknya juga tidak tampak menghadiri debat capres tersebut.

Dalam pelaksanaan debat yang digelar hanya untuk kedua capres, Komisi Pemilihan Umum (KPU) merancang suasana panggung debat di Hotel Gran Melia lebih santai dengan menyediakan meja dan kursi bagi masing-masing capres.

Hal itu dilakukan KPU setelah belajar dari pengalaman pelaksanaan debat pertama pada Senin lalu (9/6) di Balai Sarbini.

“Kami sediakan meja dan kursi supaya pada saat break mereka bisa duduk. Tetapi pada saat debat berlangsung mereka boleh saja berdiri. Ini diatur supaya suasan lebih santai dan mereka lebih lancar mengeluarkan isi debatnya,” kata Komisioner Hadar Nafis Gumay sesaat sebelum debat berlangsung.

Debat kedua antarcapres dipandu oleh moderator dari Universitas Brawijaya Malang, Ahmad Erani Yustika, dengan mengambil tema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat.

Sesi tanya jawab antarcapres juga berlangsung lebih lama dari debat sebelumnya. Hal itu dimaksudkan agar kedua capres dapat saling menggali visi dan misi lawannya.

“Itu sesuai permintaan masing-masing tim sukses pasangan calon. Jadi, aspek visi dan misi program itu diharapkan dapat digali satu sama lain,” ujarnya.

(F013/A011)

Editor: Ruslan Burhani