Yogyakarta (ANTARA News) – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengkalim kontribusi sektor perikanan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional cukup signifikan dibanding sektor lainnya.

“Pertumbuhan sektor perikanan luar biasa, bahkan dua kali lipat dibanding sektor lainnya,” kata Menteri Susi di sela acara penutupan pameran foto Nusa Bahari yang diselenggaran Pewarta Foto Indonesia (PFI) Yogyakarta di Bentara Budaya Yogyakarta, Rabu malam.

Oleh sebab itu, menurut Susi, perhatian khusus Presiden terhadap sektor kelautan dan perikanan melalui upaya peningkatan kesejahteraan nelayan dalam paket kebijakan ekonomi yang digulirkan sudah tepat. “Ya kalau kelautan (diprioritaskan) jelas sangat benar, karena dua per tiga wilayah kita laut,” kata dia.

Selain itu, kata Susi, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan nelayan, pemerintah daerah juga perlu mempersempit peran tengkulak di seluruh tempat pelelangan ikan (TPI) agar harga ikan tangkap laut tidak dimonopoli.

“Masyarakat serta pemerintah daerah harus mengurangi peran tengkulak. Peran pemerintah harus hadir disitu,” kata dia.

Dalam paket kebijakan ekonomi yang dibacakan Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu (9/9) sore, disebutkan bahwa salah satu fokus yang dituju pemerintah adalah menjadikan kesejahteraan nelayan semakin membaik melalui penghematan bahan bakar dengan mengkonversi bahan bakar nelayan dari solar ke LPG.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2015