Meski kalahkan Monaco 2-0, langkah Arsenal terhenti

Monaco (ANTARA News) – Arsenal berhasil mengalahkan tuan rumah AS Monaco 2-0 dalam laga kedua babak 16 besar Liga Champions di Stade Louis II, Rabu pagi WIB.

Sayangnya, meskipun meraih kemenangan, langkah Arsenal di Liga Champions harus terhenti, pasalnya Monaco unggul dalam gol tandang setelah di pertemuan pertama mereka menang 3-1 saat melawat ke Emirates.

Dengan demikian, Monaco bergabung dengan juara bertahan Real Madrid, Paris Saint-Germain, Bayern Muenchen dan Porto yang sudah lebih dulu memastikan tempat perempat final.

Pengundian babak perempat final baru akan dilakukan pada 20 Maret 2015 di Nyon, Swiss.

Tim besutan Arsene Wenger bermain agresif sejak sepakan pertama di hadapan publik Stade Louis, namun mereka harus menunggu hingga menit 36 untuk membuka keunggulan melalui penyerang Prancis Olivier Giroud.

Giroud memanfaatkan bola muntah dari tendangannya menyambut umpan Danny Welbeck yang sempat diantisipasi penjaga gawang Danijel Subasic, dan ia tidak membuang kesempatan kedua tersebut dengan melepaskan tendangan sentuhan pertama yang menghujam ke jaring atas gawang.

Welbeck hampir menggandakan keunggulan Arsenal pada menit 45 namun tendangannya berhasil dihadang oleh barisan pertahanan Monaco.

Memasuki babak kedua, Arsenal masih bersemangat untuk membombardir tuan rumah yang sejak awal cenderung memilih bermain dengan garis pertahanan yang cukup dalam demi menjaga keunggulan agregat.

Menit 63, Arsenal menyuntikkan tenaga segar di lini tengah dengan menarik Francis Coquelin digantikan Aaron Ramsey, sebelum disusul masuknya Theo Walcott menggantikan Danny Welbeck pada menit 72.

Taktik tersebut cukup ampuh, sebab tujuh menit berselang setelah Walcott masuk serangan Arsenal lebih hidup dan menghasilkan gol kedua yang dicetak Ramsey.

Gol tersebut dicetak Ramsey pada menit 79, memanfaatkan kegagalan pemain bertahan Monaco, Layvin Kurzawa, menyapu bola muntah dari tendangan Theo Walcott yang menghantam mistar gawang.

Namun kerja Arsenal belum tuntas, mereka masih membutuhkan satu gol lagi demi memperoleh tiket ke perempat final.

Sayangnya, upaya Wenger untuk menambah darah segar di sayap kiri dengan menarik keluar Nacho Monreal digantikan Kieran Gibbs tak bertuah.

Laga harus berakhir dengan kedudukan tetap 2-0 bagi tim tamu, namun pasukan besutan Leonardo Jardim yang tumpah ruah bersama para pendukungnya merayakan kelolosan ke perempat final.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir situs resmi UEFA.

AS Monaco (4-4-1-1): Danijel Subasic (PG); Fabinho, Wallace, Aymen Abdennour, Layvin Kurzawa; Nabil Dirar (Elderson Echiejile), Jeremy Toulalan, Geoffrey Kondogbia, Anthony Martial (Anthony Martial); Joao Moutinho; Dimitar Berbatov (Bernardo Silva).

Pelatih: Leonardo Jardim

Arsenal (4-2-3-1): David Ospina (PG); Hector Bellerin, Per Mertesacker, Laurent Koscielny, Nacho Monreal (Kieran Gibbs); Francis Coquelin (Aaron Ramsey), Santi Cazorla; Alexis Sanchez, Mesut Ozil, Danny Welbeck (Santi Cazorla); Olivier Giroud.

Pelatih: Arsene Wenger.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2015