Milan, Italia (ANTARA News) – AC Milan dan Internazionale Milan harus puas berbagi satu poin saat pertemuan keduanya dalam laga lanjutan Liga Italia Serie A di Stadion San Siro, Milan, Senin pagi WIB.
Hasil tersebut sekaligus menjadi hasil imbang ke-51 dalam Derby Della Madoninna di ajang Serie A yang telah mencapai edisi ke-161, atau hasil seri ke-63 di seluruh ajang yang telah mencapai pertemuan ke 213.
Inter masih unggul dalam catatan 76 kali menang di semua ajang dan 68 kali di Serie A, sementara Milan hanya 74 kali di semua ajang dan 61 kali di Serie A.
Gol yang dicetak gelandang Joel Obi pada menit 61 sekaligus membatalkan keunggulan yang sudah dimiliki Milan berkat gol gelandang serang mereka, Jeremy Menez, pada menit 23.
Hasil imbang membuat kedua tim tidak beranjak dari posisi mereka di klasemen sementara, Milan di peringkat 7 dengan 18 poin sedangkan Inter di peringkat 9 dengan 17 poin.
Keputusan pelatih Filipo Inzaghi tidak menurunkan sang kapten Ricardo Montolivo sama sekali dan penyerang Jepang, Keisuke Honda, sebagai pemain pengganti pada menit 73, boleh jadi bakal dipertanyakan para penggemar Tim Merah Hitam itu.
Sementara bagi Inter, yang menyambut kembalinya Roberto Mancini ke kursi pelatih, hasil tersebut tidak terlalu buruk bagi laga debut giliran kedua Don Mancio menukangi Tim Hitam Biru itu.
Penyerang Inter, Mauro Icardi, sebetulnya berkesempatan membawa timnya unggul lebih dulu bila saja ia berhasil memanfaatkan blunder salah umpan yang dilakukan Suley Ali Muntari di wilayah sendiri pada menit 8. Namun sepakan Icardi masih bisa diantisipasi penjaga gawang Diego Lopez.
Menit ke-11 Lopez juga mengamankan gawang Milan dari tendangan tepi kotak penalti gelandang Fredy Guarin.
Setelah gol keunggulan yang dicetak Menez pada menit 23 melalui tendangan kesempatan pertama yang menghujam ke sudut kiri gawang dan tak terjangkau penjaga gawang Samir Handanovic saat menerima umpan tarik nan terarah dari Stephan El Shaarawy, praktis Milan lebih berusaha menguasai pertandingan.
Namun hingga babak pertama usai kedudukan 1-0 tak beruah.
Memasuki babak kedua, Inter berusaha tampil lebih menyerang, namun sepakan Zdravko Kuzmanovic masih bisa diantisipasi Diego Lopez saat terjadi kemelut di depan gawang Milan pada menit 53.
Namun, keunggulan Milan harus berakhir juga saat akhirnya gelandang Joel Obi memanfaatkan ruang tembak yang terbuka dengan sepakan kaki kirinya menaklukkan Diego Lopez, menyarangkan bola ke gawang sekaligus membuat kedudukan menjadi 1-1 pada menit 61.
Menit 73 Pippo akhirnya mengutus Honda turun lapangan, menggantikan Fernando Torres yang belum juga efektif di lini depan, hal itu membuat El Shaarawy bergeser posisi ke penyerang tengah.
Namun, perpindahan posisi itu tidak diemban baik oleh El Shaarawy yang membuang percuma hasil dari skema serangan balik nan menawan harus diakhiri dengan skena bola sepakannya menghantam mistar gawang Handanovic pada menit 75.
Menit 77 Honda segera menunjukkan tajinya, ia meliuk-liuk dari sisi kiri pertahanan Inter, sayang sepakan kaki kirinya masih mengarah tepat ke pelukan Handanovic.
Pada menit 79, giliran sepakan Icardi yang mengenai mistar gawang Milan saat ia menyambut bola umpan dari Fredy Guarin.
Puasa gol jangka panjang, selama 622 hari, dan baru menyudahinya saat menghadapi Sampdoria dua pekan silam agaknya membuat El Shaarawy berada dalam kondisi percampuran antara gegabah, gugup dan rakus, hal itu ia perlihatkan terutama saat menempati posisi penyerang tengah, setelah Torres digantikan Honda.
Pada menit 82, El Shaarawy gagal memanfaatkan kemelut di depan gawang sekaligus tidak mau sekadar melihat ke dua rekannya yang berdiri bebas, Honda dan Bonaventura, apalagi menyodorkan bola.
Kesalahan umpan lagi-lagi dilakukan para pemain Milan pada menit 82, kali ini oleh Mexes yang membuat Guarin berlari membawa bola merangsek hingga ke sudut kotak penalti, beruntung tekel bersih Cristian Zapata sukses menyapu bola dari area berbahaya.
Peluang emas menghampiri Milan pada menit ketiga waktu tambahan babak kedua, bola tendangan Poli masih membentur kaki pemain bertahan Inter yang membelokkan arahnya ke samping kiri gawang Handanovic dan hanya membuahkan sepak pojok.
Kedudukan 1-1 tak berubah hingga wasit Marco Guida meniup peluit akhir pertandingan.
Susunan pemain:
AC Milan (4-4-1-1): Diego Lopez (PG); Adil Rami, Cristian Zapata, Philippe Mexes, Mattia De Sciglio; Giacomo Bonaventura, Michael Essien, Sulley Ali Muntari (Andrea Poli), Stephan El Shaarawy; Jeremy Menez; Fernando Torres (Keisuke Honda)
Pelatih: Filipo Inzaghi
Internazionale Milan (4-1-2-1-2): Samir Handanovic (PG); Yuto Nagatomo, Andrea Ranocchia, Juan Jesus, Dodo; Zdravko Kuzmanovic; Joel Obi (Hernanes), Fredy Guarin; Mateo Kovacic; Rodrigo Palacio, Mauro Icardi (Pablo Osvaldo)
Pelatih: Roberto Mancini

Editor: Tasrief Tarmizi