Milan, Italia (ANTARA News) – AC Milan menaklukkan Torino 3-0 pada laga lanjutan pekan ke-37 Liga Italia Seri A di San Siro, Senin dini hari WIB.

Milan menang berkat dwigol Stephan El Shaarawy dan sebuah tendangan penalti Giampaolo Pazzini.

Laga tersebut juga diwarnai dua kartu merah yang diberikan wasit Paolo Valeri untuk Cristian Zaccardo dari kubu Milan dan Cristian Molinaro dari Torino.

Berkat kemenangan itu tim asuhan Filippo Inzaghi naik satu peringkat ke urutan 10 dengan total 49 poin melompati Palermo (46) yang harus turun ke posisi 11 setelah sebelumnya menelan kekalahan 2-3 dari urutan kelima Fiorentina (61).

Milan masih berkesempatan menutup musim pada peringkat yang lebih baik karena  hanya terpaut dua poin dari Torino (51) pada posisi sembilan dan tiga poin dari rival sekota Internazionale Milan (52) di urutan kedelapan.

Mereka akan mampu finis pada urutan sembilan jika menang dari Atalanta pada laga pamungkas, sementara Torino di tempat lain gagal menang atas Cesena.

Peluang Milan menyalip rival sekota sedikit lebih kecil, karena apabila mereka menang dan Inter kalah dari Empoli pada pekan penutup kedua tim akan memiliki total poin sama, namun catatan head-to-head kedua tim seimbang dan penghitungan akan menggunakan agregat gol total, yang mana Milan memiliki jarak enam gol untuk mengejar raihan Inter.

Apabila Milan ingin naik ke posisi kedelapan maka sedikitnya harus menang dengan selisih lima gol atas Atalanta, sedangkan Inter kalah dengan selisih satu gol dari Empoli. Apabila Milan menang empat gol maka Inter harus kalah dua gol dari Empoli.

El Shaarawy membuka keunggulan Milan pada menit 18 memanfaatkan umpan silang Zaccardo. Setelah mengendalikan bola sejenak penyerang berjuluk Firaun itu melepaskan tendangan voli yang tak mampu dijangkau penjaga gawang Daniele Padelli.

El Shaarawy hampir menggandakan keunggulan Milan pada menit 38 melalui kerja sama satu dua sentuhan dengan Pazzini yang sayang tak sempurna dalam penyelesaian akhir.

Milan harus melanjutkan sisa permainan dengan 10 orang pemain setelah Zaccardo menerima kartu merah dari wasit Paolo Valeri setelah melanggar keras Molinaro pada menit 42.

Selepas turun minum, giliran Molinaro yang diganjar kartu merah pada menit 56 setelah ia melakukan pelanggaran keras terhadap Marco van Ginkel di dalam kotak penalti.

Selain kartu merah untuk Molinaro, wasit juga menunjuk titik putih, memberikan hadiah tendangan penalti kepada Milan yang dieksekusi dengan tenang dan sempurna oleh Pazzini pada menit 57 demi mengganakan keunggulan timnya 2-0 atas tim tamu.

El Shaarawy menyempurnakan penampilannya dengan mencetak dwigol setelah menyelesaikan kerja sama satu dua sentuhan dengan Van Ginkel pada menit 65 sekaligus membawa Milan unggul 3-0 atas Torino.

Keunggulan tiga gol tanpa balas itu juga memberikan kepercayaan diri untuk Inzaghi menurunkan kapten tim primavera Milan, Alessandro Mastalli, melakoni laga debutnya di tim senior dengan menggantikan Andrea Poli pada menit 76.

Berikut susunan pemain kedua tim sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

AC Milan (4-3-3): Christian Abbiati (PG); Cristian Zaccardo, Alex (Philippe Mexes), Gabriel Paletta, Salvatore Bocchetti; Andrea Poli (Alessandro Mastalli), Nigel de Jong, Marco van Ginkel; Keisuke Honda, Giampaolo Pazzini, Stephan El Shaarawy (Cristian Zapata)
Pelatih: Filippo Inzaghi

Torino (3-5-2): Daniele Padelli (PG); Matteo Darmian, Kamil Glik, Emiliano Moretti; Bruno Peres, Giuseppe Vives (Marco Benassi), Alessandro Gazzi (Migjen Basha), Omar El Kaddouri, Cristian Molinaro; Amauri, Josef Martinez (Simone Rosso)
Pelatih: Giampiero Ventura

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2015