Equityworld Futures – bulan Mei 2016 (Berdampak medium pada JPY)
Current account mengukur perbedaan nilai impor dan ekspor barang dan jasa, aliran modal yang masuk dan dana yang ditransfer keluar selama periode sebulan. Neraca perdagangan adalah bagian dari current account. Jika hasil perdagangan dan penerimaan melebihi pengeluaran maka Current Account akan surplus, dan sebaliknya jika dana yang keluar lebih besar maka current account akan defisit. Surplus current account akan menyebabkan permintaan mata uang Yen meningkat, dan sebaliknya defisit current account akan cenderung memperlemah Yen.

Bulan April lalu Current Account Jepang mengalami surplus ¥ 1.63 trilliun, lebih rendah dari perkiraan yang akan surplus ¥ 2.04 trilliun dan adalah surplus terendah dalam 3 bulan terakhir. Untuk bulan Mei 2016 diperkirakan Current Account Jepang akan kembali surplus ¥ 1.52 trilliun. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan JPY.

Jam 13:00 WIB: data neraca perdagangan Jerman bulan Mei 2016 (Berdampak medium pada EUR)
Neraca perdagangan merupakan komponen terbesar dalam neraca pembayaran pemerintah Jerman. Jerman merupakan negara ekonomi terbesar kawasan Euro yang berorientasi ekspor, oleh karenanya data perdagangan negara ini akan berpengaruh pada mata uang Euro. Perdagangan Jerman dibagi atas 2 bagian yaitu perdagangan antara Jerman dan negara kawasan Euro (intra Euro zone) dan antara Jerman dan negara-negara lain diluar kawasan (extra Euro zone). Extra Euro zone lebih berdampak pada neraca perdagangan total kawasan Euro dan nilai mata uang Euro.

Sejak kwartal terakhir tahun 2012 neraca perdagangan Jerman selalu surplus. Bulan April 2016 lalu surplus sebesar € 24.0 milyard, lebih tinggi dari perkiraan yang akan surplus € 21.4 milyard dan merupakan surplus tertinggi sejak Oktober 2015. Untuk bulan Mei 2016 diperkirakan perdagangan Jerman akan kembali surplus € 22.3 milyard. Jika surplus lebih tinggi dari perkiraan maka akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 15:30 WIB: data neraca perdagangan Inggris bulan Mei 2016 (Berdampak medium pada GBP)
Rilis neraca perdagangan Inggris secara rinci dibagi atas 3 item yaitu:
1. Visible Trade Balance yang hanya terdiri dari produk barang-barang fisik dan tidak menyertakan yang non fisik atau jasa. Item ini sering juga disebut dengan Trade Balance on Goods atau Merchandise Trade Balance.
2. Non European Union Trade Balance, yaitu neraca perdagangan total (barang dan jasa) terhadap negara-negara diluar Uni Eropa.
3. Total Trade Balance atau neraca perdagangan total (barang dan jasa) terhadap seluruh negara partner dagang Inggris. Neraca perdagangan total merupakan komponen terbesar dalam neraca pembayaran pemerintah Inggris.
Diantara ke 3 item tersebut yang paling berdampak adalah Visible Trade Balance, dan istilah neraca perdagangan selalu mengacu pada item ini.

Sejak kwartal terakhir 2012 perdagangan Inggris selalu defisit. Bulan April 2016 defisit sebesar £10.5 milyard, lebih baik dari perkiraan yang akan defisit £11.1 milyard dan bulan Maret yang defisit £10.6 milyard. Untuk bulan Mei 2016 diperkirakan perdagangan Inggris akan kembali defisit sebesar £10.2 milyard. Defisit yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan GBP.

Jam 19:30 WIB: data Non Farm Payrolls AS bulan Juni 2016 (Berdampak tinggi pada USD)
Data Non-Farm Payrolls (NFP) yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS ini mengukur perubahan jumlah tenaga kerja diluar sektor pertanian selama periode sebulan lalu. Data ini merupakan indikator awal bagi pengeluaran konsumen dan aktivitas ekonomi secara keseluruhan.

Bulan Mei lalu NFP hanya bertambah 38,000 job, jauh lebih rendah dari perkiraan yang akan bertambah 159,000 job dan yang terendah sejak tahun 2010, sementara rata-rata pertambahan job dalam 3 bulan terakhir adalah 115,667 job per bulan, lebih rendah dari acuan 200,000 job per bulan akibat revisi bulan April dari +160,000 job ke +123,000 job dan bulan Maret dari +215,000 ke +186,000. Dalam bulan Mei 2016 pertambahan lapangan pekerjaan terbanyak ada di sektor pelayanan kesehatan (+46,000 job) sementara pengurangan terbanyak ada di sektor pertambangan (-10,000).

Melemahnya data tenaga kerja yang ditandai dengan turunnya NFP sejak Maret lalu itu menunjukkan perlambatan ekonomi AS pada kwartal ke 2 tahun ini. Untuk bulan Juni 2016 diperkirakan NFP akan kembali bertambah 174,000 job. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 19:30 WIB: data upah rata-rata per jam di AS bulan Juni 2016 (Berdampak tinggi pada USD)
Data yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS setiap bulan ini mengukur perubahan upah rata-rata per jam (Average Hourly Earnings) di seluruh negara bagian AS diluar industri pertanian. Rilis data berupa persentase perubahan rata-rata upah dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Upah selalu dikaitkan dengan besaran inflasi guna memperkirakan tingkat biaya hidup. The Fed selalu memperhatikan data upah rata-rata per jam sebagai pertimbangan untuk menentukan suku bunga acuan.

Bulan Mei lalu upah rata-rata per jam di AS naik 0.2%, sesuai dengan perkiraan dan lebih rendah dari bulan April yang mengalami kenaikan 0.4%. Untuk bulan Juni 2016 diperkirakan tingkat upah rata-rata per jam akan kembali naik 0.2%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 19:30 WIB: data tingkat pengangguran di AS bulan Juni 2016 (Berdampak tinggi pada USD)
Indikator ini mengukur persentasi total tenaga kerja produktif yang sedang tidak bekerja dan aktif mencari pekerjaan. Meski dianggap sebagai indikator lagging, tetapi jumlah pengangguran akan berdampak pada pengeluaran konsumen, jumlah tenaga kerja dan tingkat kepercayaan.

Bulan Mei lalu tingkat pengangguran di AS berada pada angka 4.7%, lebih rendah dari perkiraan yang 4.9% dan yang terendah sejak Nopember 2007, sementara tingkat partisipasi berada pada angka 62.6%, lebih rendah dari bulan April yang 62.8%. Untuk bulan Juni 2016 diperkirakan tingkat pengangguran di AS akan kembali naik ke angka 4.8%. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 19:30 WIB: data Employment Change dan tingkat pengangguran di Canada bulan Juni 2016 (Berdampaktinggi pada CAD)
Jumlah tenaga kerja merupakan indikator awal pengeluaran konsumen yang menunjukkan tingkat aktivitas perekonomian secara keseluruhan, sedang tingkat pengangguran mengukur persentasi jumlah tenaga kerja yang sedang tidak bekerja dan aktif mencari pekerjaan. Dalam waktu yang bersamaan akan dirilis data Employment Change yang menunjukkan perubahan jumlah total tenaga kerja, dan Unemployment Rate yang menunjukkan perubahan persentase tingkat pengangguran dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Bulan Mei lalu jumlah tenaga kerja di Canada bertambah 13,800, jauh lebih tinggi dari perkiraan yang akan bertambah 3,100 dan juga lebih baik dari bulan April yang berkurang 2,100. Pertambahan terbanyak ada pada tenaga kerja full time, sementara tingkat pengangguran bulan Mei 2016 tercatat 6.9%, lebih rendah dari perkiraan 7.1% dan yang terendah sejak bulan Juli 2015. Tingkat partisipasi untuk bulan Mei berada pada angka 65.7%, lebih rendah dari bulan Maret yang 65.8%.

Untuk bulan Juni 2016 diperkirakan tenaga kerja di Canada akan kembali bertambah 6,900 sementara tingkat pengangguran diperkirakan naik ke angka 7.0%. Jika hasil rilis pertambahan tenaga kerja lebih tinggi dari perkiraan dan tingkat pengangguran lebih rendah dari perkiraan maka CAD akan cenderung menguat. – Equity world Futures